Masker Buah Mampu Percantik Penampilan

Sabtu, 23 Januari 2021 - 08:56 WIB
loading...
Masker Buah Mampu Percantik Penampilan
Kandungan dalam buah-buahan mampu membantu meningkatkan kesehatan kulit. (Foto: Dok/Pinterest)
A A A
SELAIN bermanfaat untuk kesehatan tubuh, kandungan dalam buah juga baik untuk kulit. Hampir semua jenis buah mengandung berbagai vitamin yang dibutuhkan kulit.

Contohnya alpukat dengan vitamin A dan C, folat juga lutein yang dapat melindungi kulit dari radikal bebas dan inflamasi serta mempercepat penyembuhan luka.Vitamin C tinggi pada jeruk, kiwi, dan jambu merah untuk daya tahan tubuh nyatanya juga paling baik mencerahkan warna kulit. Belum lagi dalam buah pepaya ada enzim papain untuk merawat kulit dari kerusakan akibat radikal bebas.

Jangan lewatkan semangka dan tomat yang mengandung lycopene guna membantu penyerapan kulit terhadap oksigen, melindungi kulit dari sinar UV, dan meregenerasi sel kulit.Tidak jarang mereka yang ingin merasakan manfaat buah-buahan tersebut langsung ke area kulit yang diinginkan seperti wajah.

Membuat masker berbahan buah kini menjadi pilihan. Dokter umum Lisa Profianty, pemilik klinik kecantikan Arlisa Clinic, mengatakan, masker buah dapat lebih efektif, bahkan lebih alami tanpa efek samping. Memang tidak ada ketentuan pasti cara membuat masker buah, namun buah dapat dihancurkan halus menggunakan blender atau dirajang kasar.

“Terpenting dan yang selalu saya ingatkan ke pasien adalah kebersihan dari alat pembuat masker itu. Misalnya, perhatikan kebersihan pisau untuk memotong buah. Jangan sampai pisau bekas memotong daging lalu dibuat memotong buah untuk masker," ungkap Lisa.

Jika itu terjadi, niat membuat wajah bersih, yang terjadi justru sebaliknya. Misalnya, mucul jerawat yang bisa jadi karena alat yang dipakai tidak bersih. Masker dari buah itu juga dapat dicampur dengan bahan lain untuk mendapatkan tekstur masker yang nyaman dan menambah khasiat untuk kulit.

Misalnya, outmeal yang mengandung antioksidan dan efek antiradang mampu melembapkan kulit. Yoghurt tawar juga dapat dicampurkan dalam masker buah. Asam laktat dalam yogurt merupakan antibiotik untuk mengangkat sel-sel mati pada kulit wajah. Vitamin B dan seng dalam yogurt juga memenuhi kebutuhan nutrisi kulit. Tambahan minyak zaitun juga kerap digunakan untuk melembapkan kulit.

Almond yang sebenarnya termasuk buah juga kerap dijadikan masker. Protein dan vitamin yang terkandung dalam almond bermanfaat untuk menghilangkan noda hitam di wajah dan area bawah mata.

Seluruh buah dapat dibuat masker. Kecuali penggunaan buah lemon harus lebih berhati-hati, bahkan kalau perlu dihindari bagi kulit wajah sedang iritasi akibat jerawat. "Untuk kulit berjerawat paling aman menggunakan masker dari semangka. Semangka memberi efek mendinginkan untuk jerawat yang meradang dapat dinetralkan," ucap Lisa.

Di kliniknya memang hanya tersedia produk kecantikan, namun tidak jarang banyak pasien disarankan membuat masker buah di rumah. Sudah seperti membagikan resep obat, Lisa kerap berbagi campuran buah untuk pasiennya disesuaikan dengan tipe wajah.

"Untuk kulit berminyak coba buat masker dari pisang yang dicampur lemon, lemon dengan putih telor juga bagus. Untuk kulit normal dan kering cenderung aman menggunakan semua jenis buah, nanti tinggal mereka mau campur buah lain atau tambahan di luar buah. Pokoknya harus bersih alatnya dan wajah saat dioles masker pun dalam keadaan setelah dibersihkan," jelasnya.

Selain kulit dan wajah yang sehat, penampilan akan semakin menarik dengan gigi putih bersinar. Dengan memanfaatkan buah, konon strawberry dan lemon diyakini mampu membuat gigi terlihat bersih.

Dokter gigi Joseph dari Ava Dental Aesthetic mengatakan, kedua buah tersebut mengandung asam sitrat dan elagic yang dapat meluruhkan warna gigi. Namun, perlu diperhatikan juga asam pada gigi tidak baik jika berlebihan. Sebab, asam akan melemahkan struktur gigi dan menyebabkan lubang.

"Asam bisa menggerus struktur gigi hingga berlubang. Hingga saat ini belum ada takaran pasti strawberry dan lemon untuk memutihkan gigi. Kita hanya perlu sering-sering berkumur setelah menggosok lemon atau strawberry ke gigi," jelasnya.

Sementara itu, selain lemon dan strawberry, pir juga dapat menetralkan asam di dalam mulut, sehingga mulut selalu terasa segar. Cranberry juga bagus untuk mencegah pembentukan plak gigi karena mengandung antosianin dan polifenol. "Cranberry dapat menghambat pertumbuhan bakteri sehingga dapat mencegah radang gusi dan kerusakan gigi," tambahnya.

Semangka dan apel yang memilih banyak kandungan air juga baik untuk kesehatan gigi dan mulut. Kadar air yang tinggi memicu produksi air yang dapat membuat mulut terlindung dari partikel sisa makanan dan bakteri.

Buah dengan kandungan vitamin C yang tinggi mampu membunuh bakteri di mulut dan meningkatkan kolagen untuk kesehatan gusi juga gigi. (Ananda Nararya)
(wan)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1984 seconds (0.1#10.140)