alexametrics

7 Langkah Mudah Cukur Jenggot di Rumah

loading...
7 Langkah Mudah Cukur Jenggot di Rumah
Buat Anda yang jenggotnya cepat banget tumbuh, Anda tak harus selalu pergi ke salon. Anda bisa memotongnya dengan baik dan benar di rumah. Foto/The F Thing.
A+ A-
JAKARTA - Buat Anda yang jenggotnya cepat banget tumbuh, harus tahu cara memotongnya dengan baik dan benar dan Anda tak bisa hanya mengandalkan tukang cukur untuk terlihat lebih rapi. Selain itu, jangan malas mencukur dan menata jenggot sendiri.

Mencukur jenggot dapat mencegah ujung yang bercabang, kering dan juga kusut. Tak usah khawatir kalau jenggot Anda akan jadi lambat tumbuhnya. Faktanya, mencukur akan membuat pertumbuhan jenggot menjadi rapi dan membuat Anda menjadi terlihat lebih baik.

Lalu,bagaimana cara mencukur jenggot dengan benar? Seperti dilansir The F Thing, ada beberapa langkah yang harus diperhatikan.



Pertama, basahi kulit dan jenggot sebelum bercukur untuk melembutkan. Waktu yang tepat untuk bercukur adalah setelah mandi. Kulit wajah dalam kondisi hangat, lembab, dan bebas dari minyak berlebih serta sel-sel kulit mati yang dapat menyumbat pisau cukur.

Kedua, oleskan krim atau gel cukur pada kulit atau jenggot yang akan dicukur. Kalau kulit kering atau sensitif, cari krim cukur yang memang dikhususkan untuk kulit sensitif.

Ketiga, gunakan alat cukur dengan pisau yang benar-benar tajam dan steril. Hal ini penting banget supaya nggak terjadi luka atau iritasi yang berpotensi menyebabkan infeksi. (Baca juga: 5 Bahan Beauty Face Mask, Tak Hanya untuk Wanita, Pria juga Bisa!).

Keempat, cara mencukur yang benar adalah cukur ke arah rambut tumbuh. Ini adalah langkah penting untuk membantu mencegah terjadinya selip yang bisa mengakibatkan luka di kulit.
Kelima, bilas setelah setiap sapuan pisau cukur. Selain itu, pastikan mengganti atau membuang pisau cukur sekali pakai setelah pencukuran 5-7 kali untuk meminimalkan iritasi kulit.

Keenam, jika ada jerawat di wajah, harus berhati-hati saat bercukur. Bisa juga dengan menggunakan alat cukur listrik atau alat cukur sekali pakai. Pilih yang paling cocok dan nyaman aja buat.

Terakhir, simpan pisau cukur di tempat yang kering. Pastikan juga pisau cukur kering sepenuhnya untuk mencegah bakteri tumbuh di atasnya. Something important to keep in mind, jangan simpan pisau cukur di tempat-tempat yang berpotensi basah, misalnya di dekat wastafel.
(tdy)
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak