Resep Mie Ayam Kuah Kental, Bikin Sendiri Lebih Hemat dan Sehat

Senin, 01 Februari 2021 - 16:00 WIB
loading...
Resep Mie Ayam Kuah Kental,  Bikin Sendiri Lebih Hemat dan Sehat
Mie Ayam. Foto/Cookpad
A A A
JAKARTA - Mie ayam kuah kental menjadi salah satu varian mie ayam yang bikin ketagihan. Kuah yang kental akan menambah cita rasa tersendiri hidangan yang mudah ditemukan di kaki lima ini. Bagi penggemar mie ayam, wajib mencoba mie ayam kuah kental.

Anda bisa mencoba membuatnya sendiri di rumah. Bahan dan bumbunya juga mudah ditemukan. Tertarik untuk membuatnya? Berikut resep membuat mie ayam kuah kental, dikutip dari Cookpad, Senin (1/2).

Baca Juga : Begini Menu Sarapan dan Makan Siang Jamaah Umrah saat Karantina di Madinah

Baca Juga :

Bahan-bahan :
1/2 kg ayam bagian dada dan paha
Kulit ayam, secukupnya
Daun bawang
4 lbr daun salam
4 lbr daun jeruk
2 batang serai
2 btr kentang rebus, haluskan
Garam
Gula
Merica
Gula merah
Penyedap
Kecap

Bumbu halus :
6 siung bawang merah
5 siung bawang putih
3 btr kemiri
1/2 sdt jintan
1 sdm ketumbar
3 ruas kunyit
1 ruas jahe
1 ruas laos

Cara membuat :
Rebus ayam sebentar, lalu potong dadu. Pisahkan dari tulangnya. Adonan ayam, tumis bumbu halus sampai harum dengan minyak secukupnya dan masukkan daun bawang, tumis sebentar. Masukkan ayam cincang, air rebusan ayam dan kentang yang sudah dihaluskan. Bumbui gula, garam, merica, gula merah dan kaldu bubuk.

Koreksi rasa dan biarkan mendidih dan bumbu meresap sampai kuah mengental. Rebus tulang ayam dengan air secukupnya. Tambahkan bawang putih, bawang merah goreng, rebus sampai kaldu kluar kurang lebih selama 15 - 20 menit dan tambahkan garam.

Baca Juga : Resep Nasi Goreng Cabai Hijau, Nikmat Pedas Bikin Pingin Nambah

Tuang minyak sayur di wajan. Masukkan kulit dan lemak ayam. Masak dengan api kecil hingga kulit dan lemak ayam kering. Angkat, tambahkan 3 siung bawang putih cincang dan masak sampai bawang putih garing. Minyak ayam siap digunakan.

Rebus mie dan tiriskan. Dalam mangkok, masukkan merica, garam, minyak ayam lalu masukkan mie ke dalam mangkok. Tambahkan sayuran, beri topping ayam, taburi dengan daun bawang dan bawang goreng. Sajikan dengan sambal, saus, kecap dan kuah kaldu ayam. Sajikan.
(wur)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1854 seconds (0.1#10.140)