Kemiri dan Ketumbar Kunci Rahasia Mi Ayam Jawa, Begini Tips Membuatnya

Selasa, 02 Februari 2021 - 12:07 WIB
loading...
Kemiri dan Ketumbar Kunci Rahasia Mi Ayam Jawa, Begini Tips Membuatnya
Mi Ayam Jawa memiliki rasa khas, yakni manis dan gurih. Nah, ternyata kuci rahasianya ada pada kemiri dan ketumbar. Pensaran? Anda bisa membuatnya di rumah. Foto/Istimewa.
A A A
JAKARTA - Mi Ayam Jawa memiliki rasa yang khas, yakni manis dan gurih. Sekilas, mi ini mirip dengan mi ayam pada umumnya, tetapi bumbunya lebih lengkap, yakni dengan menggunakan kemiri dan ketumbar.

Mie ayam Jawa banyak dijual di mana saja. Namun, Anda bisa membuatnya sendiri di rumah agar semakin puas. Tak perlu khawatir, cara membuatnya mudah. Begitu juga bahannya mudah didapat.



Tertarik untuk membuatnya? Berikut resep membuat mie ayam Jawa dikutip dari Cookpad, Selasa (2/2).

Bahan-bahan:
1 potong ayam, bagian dada
6 siung bawang merah
3 siung bawang putih
3 butir kemiri
3 lembar daun salam
1 ruas lengkuas, geprek
3 batang serai, geprek
1 sdm ketumbar bubuk
1 bungkus penyedap rasa
1 ikat sawi hijau
1 batang daun bawang, iris halus
1 sdt garam
Mie
Kecap manis
Minyak goreng
Bawang goreng

Cara membuat:
Kaldu ayam, rebus air dalam panci, setelah mendidih masukan potongan ayam. Rebus sampai agak empuk, tiriskan, suwir-suwir agak besar. Kaldu akan dipakai untuk kuah, tambahkan, garam atau penyedap rasa dan merica putih.



Bumbu halus, haluskan bawang merah, bawang putih, kemiri, dan garam. Masak suwir ayam. Panaskan minyak, masukkan bumbu halus, ketumbar bubuk, lengkuas, daun salam, dan serai, lalu tumis sampai harum dan berubah warna. Tambahkan suwiran ayam, aduk rata.

Tambahkan kecap manis sampai kecoklatan warnanya, aduk rata. Diamkan sebentar sampai menyerap ke ayam. Masukkan 1 gelas kecil kaldu ayam hasil rebusan tadi. Masak ayam sampai agak empuk. Koreksi rasa, masak sampai kuah agak kental dan minyaknya keluar. Sisihkan.

Rebus mie kurang lebih 5 menit dan tiriskan. Penyajian, beri sedikit minyak makan ditambah minyak hasil masak suwir ayam, dan sedikit penyedap rasa. Masukkan mie dan aduk rata. Tambahkan sawi hijau yang sudah direbus.

Tambahkan suwiran ayam. Siram dengan kuah kaldu ayam. Bubuhkan potongan daun bawang dan bawang goreng di atasnya. Mie ayam Jawa siap disajikan.
(tdy)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2993 seconds (0.1#10.140)