Wanita yang Mengidap Diabetes saat Hamil, Berisiko Kena Penyakit Jantung di Masa Tua

Kamis, 04 Februari 2021 - 08:24 WIB
loading...
Wanita yang Mengidap Diabetes saat Hamil, Berisiko Kena Penyakit Jantung di Masa Tua
Usai kehamilan, wanita penderita diabetes gestasional berisiko lebih tinggi terkena pradiabetes, kondisi yang merupakan faktor risiko penyakit kardiovaskular. / Foto: ist
A A A
JAKARTA - Wanita dengan riwayat diabetes selama kehamilan atau diabetes gestasional, dua kali lebih mungkin pada paruh baya mengembangkan kalsium dalam arteri jantung --penyebab kuat penyakit jantung- bahkan jika kadar gula darah yang sehat dicapai bertahun-tahun setelah kehamilan.

Baca juga: Begini Trik Arya Saloka Hadapi Istrinya, Putri Anne jika Sedang Ngambek

Penelitian ini dipublikasikan di jurnal unggulan American Heart Association, Circulation. Diabetes gestasional, yaitu kadar gula darah tinggi yang terjadi selama kehamilan . Setelah kehamilan, wanita yang menderita diabetes gestasional berisiko lebih tinggi terkena pradiabetes atau diabetes tipe 2, kondisi yang merupakan faktor risiko penyakit kardiovaskular.

Studi sebelumnya menemukan risiko penyakit jantung yang jauh lebih tinggi pada wanita dengan riwayat diabetes gestasional yang kemudian berkembang menjadi diabetes tipe 2 . Namun, masih belum jelas apakah risiko penyakit jantung di antara wanita dengan riwayat diabetes gestasional lebih rendah pada wanita yang mencapai kadar glukosa yang sehat atau yang mengembangkan pradiabetes di usia paruh baya.

Seperti dilansir Times Now News, American College of Cardiology/American Heart Association Cholesterol Clinical Practice Guidelines pada 2018 menetapkan bahwa riwayat diabetes gestasional meningkatkan risiko penumpukan arteri pada wanita yang menyebabkan penyakit kardiovaskular.

Menggunakan data dari studi pengembangan Risiko Arteri Koroner prospektif 30 tahun pada orang dewasa muda (CARDIA), para peneliti menyelidiki apakah kadar gula darah yang sehat setelah kehamilan akan mengurangi peningkatan risiko penyakit kardiovaskular yang terkait dengan riwayat diabetes gestasional.

"Wanita dengan diabetes gestasional sebelumnya memiliki risiko kalsium arteri koroner dua kali lebih tinggi jika mereka mempertahankan kadar gula darah normal, kemudian mengembangkan pradiabetes, atau kemudian didiagnosis diabetes tipe 2 bertahun-tahun setelah kehamilan dibandingkan dengan wanita tanpa diabetes gestasional sebelumnya yang memiliki kadar gula darah normal," kata Erica P. Gunderson, PhD, MS, MPH, ahli epidemiologi dan ilmuwan peneliti senior di Divisi Penelitian Kaiser Permanente di Oakland, California.

Studi CARDIA mendaftarkan lebih dari 5.100 pria dan wanita AS yang berusia 18-30 tahun pada awal studi tahun 1985. Analisis baru mencakup sekitar 1.100 wanita (49% wanita kulit hitam dan 51% wanita kulit putih) tanpa diabetes tipe 1 atau tipe 2 yang kemudian melahirkan setidaknya satu kali selama masa studi 25 tahun, yang berakhir pada 2011.

Tes darah dilakukan dari sebelum dan sesudah kehamilan dengan interval lima tahun untuk menentukan apakah wanita memiliki kadar gula darah normal, peningkatan sedang dalam darah kadar gula (prediabetes) atau mereka telah mengembangkan diabetes tipe 2. Pemindaian jantung dilakukan untuk mengukur kalsium arteri koroner, pada penelitian 15, 20, dan 25 tahun setelah nilai dasar.

Pada masa tindak lanjut selama 25 tahun, usia rata-rata peserta adalah 48 tahun, dan 12% wanita dalam penelitian ini mengalami kehamilan dengan komplikasi diabetes gestasional. Ini menunjukkan bahwa wanita dengan riwayat diabetes gestasional memiliki risiko dua kali lipat lebih tinggi mengalami kalsifikasi arteri koroner, baik mereka memiliki kadar gula darah yang sehat, pradiabetes, atau diabetes tipe 2.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1463 seconds (0.1#10.140)