7 Makanan Ini Tak Disarankan Dimasak Pakai Air Fryer

Kamis, 04 Februari 2021 - 21:13 WIB
loading...
7 Makanan Ini Tak Disarankan Dimasak Pakai Air Fryer
Air fryer sangat populer dan menjadi alat dapur yang penting. Foto Ilustrasi/Shutterstock
A A A
JAKARTA - Dalam beberapa tahun terakhir, air fryer sangat populer dan menjadi alat dapur yang penting. Menggoreng dengan air fryer lebih sehat daripada menggunakan minyak.

Alat ini diklaim dapat memotong kalori 70%-80% serta memiliki lebih sedikit lemak. Metode memasak ini juga dapat mengurangi beberapa efek berbahaya lain dari menggoreng dengan minyak.



Meskipun air fryer sangat berguna, ada beberapa hal yang tidak boleh Anda masak di dalamnya. Jika makanan ini dimasak menggunakan air fryer akan menjadi kering, atau terasa tidak enak. Berikut beberapa makanan yang tidak boleh dimasak dengan air fryer, seperti dikutip dari laman Times of India.

1. Adonan Basah
Air fryer tidak diperuntukkan buat menggoreng adonan basah. Di dalam air fryer kering, tidak ada apapun yang bisa membuat adonan basah. Sebaliknya, adonan basah hanya akan menetes saat makanan dimasak.

2. Brokoli
Air fryer dapat membuat beberapa makanan mengering saat dimasak. Brokoli tanpa minyak bahkan bisa menghasilkan hidangan yang benar-benar gosong. Dianjurkan untuk mencampur brokoli dengan bumbu bubuk agar menghindari gosong. Setelah itu tambahkan satu sendok makan air ke dasar air fryer agar brokoli tetap empuk dan tidak gosong.

3. Ayam Utuh
Jika Anda memasukkan ayam utuh ke dalam air fryer, sisi yang paling dekat dengan sumber panas akan mengering atau gosong dengan baik sebelum sisi lainnya benar-benar matang. Ayam akan menjadi kering dengan bagian luar yang keras. Udara panas perlu bersirkulasi agar air fryer bekerja. Untuk memasak ayam dengan benar di dalam air fryer, Anda perlu memasak beberapa bagian daripada memasukkan seluruh ayam sekaligus.

4. Keju
Melelehkan keju panggang atau membuat popper jalapeno dengan air fryer dapat menyebabkan masalah. Sama seperti adonan basah, keju yang meleleh membuat kekacauan besar. Keju segar tidak cocok dimasak menggunakan air fryer.

5. Biji-bijian
Biji-bijian seperti nasi dan pasta bisa garing di dalam air fryer, tetapi harus dimasak terlebih dulu. Air fryer digunakan untuk mengeringkan makanan, jadi mencoba memasak sesuatu yang perlu direndam dalam air untuk memasak dengan benar tidak akan berhasil.

6. Sayuran Mentah
Air fryer tidak memiliki kekuatan untuk mengeringkan produk mentah. Hasilnya cenderung basah dan tidak menggugah selera, terlepas dari suhunya. Jadi, sayuran beku adalah pilihan yang lebih baik untuk air fryer.



7. Minyak Zaitun
Hindari memasak minyak zaitun di air fryer karena memiliki titik asap yang lebih rendah. Salah satu alasan melewatkan minyak dengan titik asap rendah adalah makanan bisa terasa aneh setelah dikeluarkan dari air fryer. Oleh karena itu, disarankan untuk menggunakan minyak sayur, minyak kanola, dan minyak kacang tanah karena semuanya merupakan minyak titik asap tinggi.
(tsa)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1665 seconds (0.1#10.140)