Yuk! Ikuti Gaya Hidup Sehat Ini untuk Cegah Kanker

Jum'at, 05 Februari 2021 - 00:29 WIB
loading...
Yuk! Ikuti Gaya Hidup Sehat Ini untuk Cegah Kanker
Gaya hidup tertentu serta makanan yang mampu melawan kanker bisa membantu kita terhindar dari penyakit ini. Foto Ilustrasi/Healthline
A A A
JAKARTA - Gaya hidup sehat dapat mencegah kanker . Diperlukan beberapa perubahan gaya hidup untuk terhindar dari penyakit mematikan ini. Penelitian menunjukkan bahwa hampir setengah dari semua kanker terkait dengan faktor-faktor yang dapat dihindari dan dikendalikan.

Selain itu, kanker tidak berkembang dalam semalam dan gaya hidup tertentu serta makanan yang mampu melawan kanker bisa membantu kita terhindar dari penyakit ini. Berikut beberapa gaya hidup sehat yang dapat membantu mencegah kanker, seperti dilansir dari laman Times Now News, Kamis (4/2).



1. Makan Sehat
Bawang bombai, bawang putih, kacang, dan salmon memiliki nutrisi tertentu yang membantu tubuh memproduksi sel atau agen pelawan kanker serta membantu mereka mati secara alami dan mencegahnya menyebar. Ikan, terutama salmon, dikemas dengan asam lemak omega-3 antiinflamasi yang bertanggung jawab melawan kanker.

Minuman manis tidak hanya menyebabkan diabetes dan obesitas, tetapi juga penyebab terbesar kanker endometrium. Penelitian menunjukkan bahwa wanita yang terbiasa minum minuman manis memiliki peluang 87% lebih banyak untuk menderita kanker.

Brokoli dianggap sebagai makanan pelawan kanker. Ahli gizi merekomendasikan untuk mengukus daripada merebus atau menggorengnya sebelum dikonsumsi karena mengandung komponen sayuran yang lebih sehat.

Banyak penelitian telah menemukan bahwa minum teh membantu menurunkan risiko kanker ovarium, payudara, prostat, dan paru-paru. ECGC, bahan kimia dalam teh hijau, bisa menjadi salah satu senyawa antikanker terkuat karena jumlah antioksidannya yang maksimal.

2. Pertahankan Berat Badan dan Aktif
Menjaga berat badan tidak hanya membantu mencegah banyak penyakit seperti diabetes, penyakit kardiovaskular, dan tiroid, tetapi juga terbukti melindungi dari kanker. Disarankan untuk melakukan 30 menit aktivitas fisik dalam rutinitas harian agar tetap bugar.

3. Katakan Tidak pada Tembakau
Menggunakan tembakau, terutama rokok, dapat memicu terjadinya kanker. Bahkan jika Anda terpapar asap rokok, berisiko mengalami kanker. Konsultasikan dengan dokter untuk bantuan menghentikan segala jenis tembakau.

4. Lindungi Diri dari Sinar Matahari
Kanker kulit adalah kanker yang paling umum dan dapat dicegah. Salah satunya dengan menghindari keluar rumah antara pukul 10.00 dan 16.00. Lindungi diri Anda saat beraktivitas di bawah sinar matahari. Kenakan pakaian dengan warna yang lebih gelap yang dapat memantulkan sinar ultraviolet dibandingkan warna pastel. Selalu kenakan kacamata hitam saat berada di bawah sinar matahari.



5. Vaksinasi
Pencegahan kanker termasuk kekebalan dari penyakit tertentu seperti Hepatitis-B, HPV, HIV dan Hepatitis-C. Dapatkan vaksinasi dan jangan berbagi jarum suntik untuk mencegah penyakit penyebab kanker semacam itu. Lakukan pemeriksaan rutin tubuh untuk mendeteksi segala jenis risiko yang berhubungan dengan kanker dan menanganinya pada tahap awal.
(tsa)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2452 seconds (0.1#10.140)