Tips Mudah Bikin Kue Lapis Legit Pandan

Sabtu, 06 Februari 2021 - 12:19 WIB
loading...
Tips Mudah Bikin Kue Lapis Legit Pandan
Kue Lapis Legit berbahan dasar kuning telur, tepung terigu, gula, dan mentega ini memiliki rasa manis dengan tekstur yang lembut. Anda pun bisa membuatnya. Foto/Instagram.
A A A
JAKARTA - Lapis legit atau spekuk adalah salah satu jenis kue basah tradisional dari Indonesia. Kue ini pertama kali dikembangkan pada masa kolonial Belanda di Indonesia yang terinspirasi dari kue lapis Eropa.

Kue ini berbahan dasar kuning telur, tepung terigu, gula, dan mentega atau margarin ini memiliki rasa yang manis dengan tekstur yang lembut. Biasanya, adonan kue dipanggang dalam oven secara bertahap hingga membentuk lapisan-lapisan.



Kue ini sangat cocok dijadikan camilan keluarga di rumah bersama dengan teh hangat. Yuk buat lapis legit di rumah. Berikut resep membuat lapis legit pandan dikutip dari Instagram @jajanpasarkekinian, Sabtu (6/2).

Bahan-bahan:
Bahan A:
350 gr butter
160 gr gula halus
1/2 sdt garam
2 sdm susu kental manis
1 sdt vanilla pasta

Bahan B:
450 gr kuning telur

Bahan C:
30 gr tepung terigu medium
10 gr susu bubuk full cream Indomilk

Bahan D:
Pasta pandan

Cara membuat:
Kocok bahan A hingga putih dan mengembang. Masukkan bahan B dan kocok lagi. Masukkan bahan C, aduk rata. Ambil sepertiga bagian adonan, beri pasta pandan. Sisihkan.



Siapkan loyang ukuran 22 x 10 x 8cm. Olesi butter dan alasi baking paper. Panaskan oven suhu 200 derajat Celcius dengan api atas. Tuang adonan kuning 50 gr kedalam loyang, dan ratakan. Panggang selama 5 menit.

Angkat, olesi butter dan kembali tuang adonan kuning, panggang selama 5 menit. Lakukan selang seling dua lapis kuning, satu lapis hijau sampai semua adonan habis.

Keluarkan dari oven. Segera masukkan kedalam freezer hingga dingin. Angkat. Keluarkan dari loyang. Potong-potong. Sajikan.
(tdy)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1987 seconds (0.1#10.140)