Selebriti Ajak Masyarakat Sebarkan Informasi Komprehensif tentang COVID-19

Minggu, 17 Mei 2020 - 05:05 WIB
loading...
Selebriti Ajak Masyarakat Sebarkan Informasi Komprehensif tentang COVID-19
Presenter Choky Sitohang (kiri) dan bintang sinetron Olivia Zalianty menjadi pembicara dalam diskusi yang digelar di Graha BNPB, Jakarta, kemarin. Foto/Dok. BNPB
A A A
JAKARTA - Penanganan pandemi COVID-19 bukan hanya tentang menangkal kecepatan penyebaran virus, tapi juga kesimpangsiuran informasi. Masyarakat harus mempercayai keterangan dari ahli.

Perbedaan pendapat kerap terjadi di masyarakat dan media sosial. Saat ini perdebatan tak jauh-jauh dari virus Sars Cov-II dan COVID-19, entah itu penyebaran maupun penyembuhannya. Kadang silang pendapat ini melibat kalangan selebriti. ( )

Presenter Choky Sitohang mengatakan, pemikiran dan teori boleh berkembang di masyarakat. Hanya, yang perlu dilihat dari virus ini adalah bahwa COVID-19 secara nyata telah membuat banyak orang jatuh sakit dan meninggal dunia.

“Ini fakta dan data. Kita tidak perlu membingungkan diri dan mengajak orang lain untuk ikut bingung dengan sebuah teori yang dasarnya belum dapat dibuktikan,” kata Choky di Graha Badan Nasional Penanggulangan Bencana Nasional, Jakarta, Sabtu (16/5).

Sementara itu artis Olivia Zalianty mengatakan, lebih baik masyarakat mengambil hikmah dari pandemi ini. Apalagi untuk membahas detail mengenai virus Sars Cov-II bukan ranah figur publik. Pembahasan dan penelitian itu merupakan ranah para ahli terkait, seperti epidemiologi dan virologi.

Sang kakak, Marcella Zalianty, turut mengajak masyarakat untuk bersama-sama memerangi pandemi COVID-19. Caranya dengan menyebarkan informasi yang komprehensif, benar, dan mereduksi informasi yang salah.

“Informasi-informasi mengenai kesehatan itu harus disampaikan kepada masyarakat secara benar sehingga tidak membuat bingung,” Marcella.

Kunci dalam memerangi COVID-19, katanya, masyarakat harus disiplin, menjaga kesehatan, dan imunitas. Masyarakat yang tidak patuh sama saja tak membantu pemerintah dalam menangani pandemi COVID-19. (Baca Juga: Anggy Umbara Miliki Banyak Kenangan dengan Mendiang Hengky Solaiman )

“Membantu sesama dalam memutus mata rantai pandemi COVID-19 itu menjadi hal yang penting untuk kehidupan. Bahkan membuat roda ekonomi menjadi normal kembali,” pungkasnya.
(tsa)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1482 seconds (0.1#10.140)