Lee X H&M Berkolaborasi untuk Hasilkan Denim Berkelanjutan Generasi Berikutnya

Minggu, 07 Februari 2021 - 23:30 WIB
loading...
Lee X H&M Berkolaborasi untuk Hasilkan Denim Berkelanjutan Generasi Berikutnya
Lee x H&M adalah kolaborasi ambisius yang mengutamakan keberlanjutan dalam desain. Foto/Lee x H&M
A A A
JAKARTA - Brand asal Swedia H&M mengumumkan kolaborasi dengan label denim asal Amerika, Lee, untuk menampilkan produk berkelanjutan generasi berikutnya. Ini adalah kolaborasi holistik dengan teknologi di setiap tahap desain dan produksi, dari jeans katun daur ulang 100% pertama H&M hingga back patches vegan yang terbuat dari gabus.

Untuk pertama kali, H&M juga bakal membagikan data Life Cycle Assessment (LCA) di hm.com yang menunjukkan dampak air, C02, dan energi setiap produk bahan dari mentah hingga akhir penggunaan. Transparansi ini diimbangi dengan sisi positif fashion dengan siluet oversized dan membungkus badan, serta bentuk pakaian workwear yang menggambarkan warisan Lee.



Lee x H&M menampilkan koleksi untuk wanita, pria, dan anak-anak, serta tersedia secara online maupun di beberapa toko offline H&M tertentu sejak Kamis (4/2) lalu.

“Kami senang bekerja sama dengan Lee untuk mendorong perubahan. Perubahan pakaian denim yang lebih berkelanjutan dan sirkular. Kami melihat setiap detail dan saling menantang dengan cara yang positif," kata desainer H&M Jon Loman melalui siaran resminya, Sabtu (6/2).

"Sungguh luar biasa bekerja dengan desain ikonik Lee dan memberi mereka sedikit cita rasa kami, yang dapat kami bagikan ke pecinta denim H&M di seluruh dunia,” lanjutnya.

Lee x H&M adalah kolaborasi ambisius yang mengutamakan keberlanjutan dalam desain. Kedua brand mengambil pendekatan holistik, melihat setiap tahap produksi denim. Kain sangat penting, seperti jeans katun daur ulang 100% pertama H&M, terbuat dari 80% limbah pasca-industri, dan 20% limbah pasca-konsumen. Ada juga denim bebas kapas, dibuat dari serat buatan yang dapat diperbarui, serta pewarna hemat air dan pencucian denim berdampak rendah yang diverifikasi oleh pihak ketiga untuk konsumsi air, bahan kimia, juga pemakaian energinya.

Untuk koleksi wanita, jeans lebar dan longgar memiliki nuansa era tahun '90-an, sementara jaket rider klasik Lee dibuat ulang dengan bentuk siluet badan yang oversized. Korset denim menambah kesan feminin, sedangkan overalls dan over shirts menghadirkan nuansa workwear fungsional, di samping potongan jersey texloop recycled cotton untuk tampilan Lee x H&M yang lengkap.



Untuk koleksi pria, jaket workwear merupakan pakaian esensial dengan keaslian desain Lee yang sebenarnya. Celana jeans lima saku dipotong dari 100% katun daur ulang, sedangkan carpenter jeans santai dibuat menggunakan pewarna laser ramah lingkungan dan hemat air. Ada juga workwear overalls, topi bucket denim, tote bag, serta jersey yang berkelanjutan untuk melengkapi koleksi.

“Lee bangga bisa berkolaborasi dengan H&M untuk membuat denim yang lebih baik. Brand kami didirikan lebih dari 130 tahun lalu atas dasar inovasi, dan hari ini kami senang bisa bergabung dengan H&M untuk mendorong konsep denim yang lebih maju menuju masa depan yang berkelanjutan," kata Global Brand President Lee Chris Waldeck.
(tsa)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2247 seconds (0.1#10.140)