15 Destinasi Dunia Ini Rusak karena Overtourism

Minggu, 17 Mei 2020 - 10:45 WIB
loading...
A A A
4. Spanish Steps, Italia
15 Destinasi Dunia Ini Rusak karena Overtourism


Spanish Steps di Roma, Italia, pernah muncul dalam film Audrey Hepburn, Roman Holiday. Imbasnya, turis berbondong-bondong ke lokasi wisata eksotis ini. Akibatnya di musim liburan tempat wisata ini penuh sesak.

Kini pemerintah melarang wisatawan duduk tangga tempat wisata ini karena adanya kotoran. Ada sekitar 135 tangga batu kotor karena noda anggur merah dan gumpalan permen karet.

Pada 2016, kota ini menghabiskan USD1,68 juta untuk membersihkan kotoran di tempat wisata ini. Pemerintah Italia telah membuat aturan dimana wisatawan yang duduk di tangga Spanish Steps akan didenda USD280 hingga USD448.

5. Fjadrargljufur Canyon, Islandia
15 Destinasi Dunia Ini Rusak karena Overtourism


Fjadrargljufur Canyon di Islandia ditampilkan dalam video musik Justin Bieber dan muncul di film Game of Thrones. Badan Lingkungan Hidup Islandia melaporkan bahwa sekitar satu juta orang telah mengunjungi situs tersebut sejak video Bieber dirilis pada 2015. Akting cemerlang destinasi wisata ini telah menjadikannya tujuan wisata populer bagi para wisatawan.

Imbasnya gelombang wisatawan membuat situs tersebut rusak parah. Pemerintah akhirnya mengeluarkan kebijakan melarang pengunjung di lokasi wisata itu.

6. Bloemenmarkt, Amsterdam
15 Destinasi Dunia Ini Rusak karena Overtourism


Bloemenmarkt di Amsterdam, Belanda, pernah jadi toko bunga apung yang cantik. Kini tempat ini sudah ditutup karena terlalu banyak turis yang datang.

Salah satu pedagang bunga Bloemenmarkt, Michael Saarlos, mengatakan, karena kelompok wisata besar berhenti untuk mengambil gambar di depan toko-toko menghalangi penduduk setempat untuk membeli bunga.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1141 seconds (0.1#10.140)