Beli Kreatif Danau Toba Fair, Upaya Promosikan Keindahan Danau Toba dengan Cara Berbeda

Kamis, 11 Februari 2021 - 18:49 WIB
loading...
Beli Kreatif Danau Toba Fair, Upaya Promosikan Keindahan Danau Toba dengan Cara Berbeda
Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif menyelenggarakan acara Beli Kreatif Danau Toba Fair di Summarecon Mall Serpong, Tangerang pada 11-21 Februari 2021. / Foto: Muhammad Sukardi
A A A
TANGERANG - Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) menyelenggarakan acara Beli Kreatif Danau Toba Fair di Summarecon Mall Serpong, Tangerang pada 11-21 Februari 2021. Acara ini dihelat untuk mempromosikan keindahan Danau Toba, Sumatera Utara dengan cara yang berbeda.

Baca juga: Bertemu Gubernur I Wayan Koster, Sandiaga Uno Minta Dibuatkan KTP Bali

Pada acara ini Kemenparekraf mencoba mengenalkan Danau Toba lewat produk fashion, kriya, dan kuliner. Tiga hal tersebut dianggap dapat menjadi representatif keindahan Danau Toba yang merupakan salah satu dari lima destinasi wisata super prioritas.

"Acara Beli Kreatif Danau Toba Fair yang diadakan di Summarecon Mall Serpong dari 11 hingga 21 Februari 2021 merupakan turunan dari gerakan bangga buatan Indonesia yang sudah dicanangkan Presiden Joko Widodo tahun lalu," ujar Deputi Bidang Pemasaran Kemenparekraf, Nia Niscaya saat ditemui langsung di lokasi acara, Kamis (11/2).

Beli Kreatif Danau Toba Fair, Upaya Promosikan Keindahan Danau Toba dengan Cara Berbeda


Menurutnya, ini adalah program pendampingan, pelatihan, dan pemasaran produk pengrajin Sumatera Utara. Jadi, intinya Kemenparekraf mencoba untuk membantu pengusaha UMKM untuk tetap produktif dan menghasilkan untung di masa pandemi.

"Ini semacam harapan bagi UMKM, karena kami memberi ruang untuk mereka memamerkan produk terbaik di acara yang luar biasa ini. Beberapa pengusaha langsung diterbangkan dari Medan, karena itu barang yang dijual tentunya sangat berkualitas," ungkapnya.

Bukan hanya berkualitas, produk fashion dan kriya yang ditawarkan juga sangat modern dan inovatif. Hal itu bisa dilihat dari adanya pengolahan bahan kain ulos yang diubah menjadi tas, sepatu, bahkan kipas. Tapi, tentunya tetap mengutamakan nilai dari kain itu sendiri.

Di acara Beli Kreatif Danau Toba Fair ada 27 tenant yang ikut serta, dengan detail 15 tenant fashion dan kriya, sedangkan 12 lainnya adalah kuliner. Di acara ini pun ada Pesona Kuliner Danau Toba yang menawarkan kuliner khas Sumatera Utara.

Beli Kreatif Danau Toba Fair, Upaya Promosikan Keindahan Danau Toba dengan Cara Berbeda
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2043 seconds (0.1#10.140)