Bagaimana Bedakan Gejala Long Covid, Reinfeksi atau Penyakit Berbeda?

Kamis, 11 Februari 2021 - 23:12 WIB
loading...
Bagaimana Bedakan Gejala Long Covid, Reinfeksi atau Penyakit Berbeda?
Selain asupan protein dan olahraga yang cukup, yang tidak kalah pentingnya adalah berpikir positif. / Foto: dok. SINDOnews
A A A
JAKARTA - Seseorang setelah dinyatakan sembuh dari Covid-19, masih ada ancaman kesehatan yang bisa saja dirasakan, yakni long Covid-19 . Long Covid-19 adalah gejala yang masih dirasakan setelah seseorang dinyatakan sembuh dari penyakit yang disebabkan oleh SARS Cov-2 tersebut. Apa yang harus dilakukan agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan?

Baca juga: Vaksinasi Covid-19 kepada Nakes Lansia Dilakukan Secara Bertahap

"Setelah sembuh dari Covid-19 , para penyintas ini harus segera memperbaiki nutrisinya, makan makanan bergizi dan tinggi protein. Berolahraga secara terukur, yang terbaik adalah dengan berjalan kaki bertahap sesuai kemampuan dan jangan lupa berpikir positif," ungkap dr Wily Pandu Ariawan, Sp. P., dokter spesialis paru RS Kanker Dharmais dalam diskusi bersama Nina Nugroho Solution di akun Instagram @ninanugrohostore, belum lama ini.

Dalam acara yang dipandu Nina Nugroho itu dibahas mengenai fenomena long Covid-19 yang belakangan ini ramai diperbincangkan.

Menurut dr Wily, long covid adalah sisa gejala yang masih dirasakan para penyintas Covid-19 setelah dinyatakan sembuh dari penyakit tersebut. Biasanya gejala yang dirasakan dengan intensitas dan frekuensi yang lebih ringan dibandingkan saat masih sakit. Namun ada juga beberapa yang merasakan gejala long covid lebih berat.

"Ada juga yang merasakan sesak napas saat berjalan agak jauh, batuk produktif, gangguan persyarafan seperti delirium bahkan ada juga yang mengalami efek psikiatris seperti halusinasi, melihat sesuatu yang orang lain tidak melihat. Sementara ada juga yang mengalami gangguan jantung, hipertensi, palpitasi yaitu sering merasa berdebar debar, ada yang mual, diare atau buang airnya tidak lancar atau konstipasi. Itu gambaran long covid, dari yang ringan sampai yang berat," papar dr Wily.

Menurutnya, long covid ini bisa dialami hingga selama 12 minggu. "Tetapi dari pengalaman di lapangan, semakin ke sini, gejalanya semakin ringan," urai dr Wily yang juga seorang penyintas Covid-19. Apabila gejala long covid dirasakan cukup berat, maka dibutuhkan intervensi rehabilitas medik maupun obat-obatan tertentu sesuai gejala yang dirasakan.

Lantas bagaimana membedakan gejala yang dirasakan adalah long covid, reinfeksi atau penyakit yang berbeda? Menurut dr Wily, hal itu bisa dilihat dari kapan dia dinyatakan sembuh dari Covid-19. Lalu, dr Wily menjelaskan yang dimaksud dengan definisi sembuh bagi penderita Covid-19 ini dibagi dalam dua katagori, yaitu bagi penderita dengan gejala ringan dan sedang serta bagi pasien dengan gejala berat.

Bagi penderita yang bergejala ringan, sedang atau OTG (orang tanpa gejala), maka dia dinyatakan sembuh setelah melakukan isolasi mandiri selama 10 hari ditambah 3 hari minimal telah bebas dari gejala, maka dia sudah dapat dinyatakan sembuh. Dalam hal ini tidak membutuhkan pemeriksaaan PCR sebagai alat untuk mengevaluasi progress pengobatan covid. Berbeda dengan pasien yang bergejala berat, maka dia membutuhkan minimal 1 kali PCR dengan hasil negatif, ditambah isolasi mandiri selama 7 hari, baru dinyatakan sembuh.

"Kalau gejala yang dirasakan dialami setelah sembuh dari Covid dengan definisi tersebut, maka itu adalah gejala long covid, sehingga tidak perlu PCR dan isolasi mandiri," jelasnya.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1255 seconds (0.1#10.140)