Vaksinasi Covid-19 kepada Nakes Lansia Dilakukan Secara Bertahap

Rabu, 10 Februari 2021 - 15:23 WIB
loading...
Vaksinasi Covid-19 kepada Nakes Lansia Dilakukan Secara Bertahap
Total dokter usia di atas 60 tahun di RSCM sebanyak 90 orang dan akan divaksinasi secara bertahap. / Foto: SINDOphoto/Yorri Farli
A A A
JAKARTA - Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo (RSCM), Jakarta, telah menggelar vaksinasi Covid-19 perdana bagi tenaga kesehatan lanjut usia di atas 60 tahun pada Senin (8/2). Di mana sejak Senin, vaksinasi dilakukan kepada 15 dokter. Total dokter usia di atas 60 tahun di RSCM sebanyak 90 orang dan akan divaksinasi secara bertahap.

Baca juga: Meski Boleh Divaksin Covid-19, Pasien Kanker Harus Penuhi Syarat Ini Dulu

Salah satu penerima vaksin Covid-19, Syamsurizal Djauzi mengatakan bahwa vaksinasi bertujuan untuk melindungi diri sendiri dan melindungi masyarakat agar tidak tertular dari virus corona baru yang menyebabkan pandemi Covid-19.

"Jadi ini kesempatan baik yang disediakan oleh pemerintah. Jadi hendaknya kita manfaatkan dengan sebaik-baiknya," kata Syamsurizal Djauzi dikutip dari Youtube Kementerian Kesehatan RI, Rabu (10/2).

Usai menjalani vaksinasi tahap pertama, lansia akan menjalani vaksinasi tahap kedua dengan jeda 28 hari sejak vaksinasi tahap pertama. Penerima vaksin Covid-19, Hindra Irawan Satari menjelaskan bahwa berdasarkan data yang ada, vaksin Covid-19 sudah terbukti aman diberikan kepada lansia.

"Terima kasih kepada pemerintah yang telah memberikan perhatian khusus kepada lansia. Akhirnya, para lansia juga bisa divaksinasi karena sudah terbukti dari data-data yang ada diberbagai tempat di dunia menunjukkan bahwa vaksin ini aman untuk diberikan pada usia di atas 51 tahun," jelas Hindra.

Vaksin Covid-19 tidak menimbulkan efek samping apapun. Hal ini terbukti dari para lansia penerima vaksinasi Covid-19 menyatakan bahwa mereka tidak merasakan efek samping apapun setelah divaksinasi sampai setelah diobservasi.

Sebagai komitmen pemerintah untuk melindungi masyarakat, juru bicara vaksinasi Covid-19, Siti Nadia Tarmizi, mengungkapkan bahwa tenaga kesehatan usia di atas 60 tahun yang mendatangi layanan vaksinasi pasti akan mendapatkan vaksinasi Covid-19 tanpa terkecuali.

"Karena ini komitmen daripada pemerintah untuk melindungi khususnya pada populasi yang kita tahu memang sangat rentan dan dengan angka mortalitas yang cukup tinggi," ungkap Siti Nadia.

Vaksinasi tahap pertama untuk tenaga kesehatan lansia juga dilaksanakan di Puskesmas Kramat Jati. Adapun mereka yang divaksinasi harus sesuai dengan kriteria yang sudah ditentukan, seperti halnya dalam kondisi sehat ketika melakukan vaksinasi serta tidak memiliki komorbiditas seperti hipertensi, diabetes atau asma.

Baca juga: 3 Efek Samping Ini Menandakan Vaksin Covid-19 Bekerja Baik

"Tenaga kesehatan lansia yang sesuai dengan krtiteria yang ditentukan. Jadi harus memiliki kriteria sehat, tidak ada komorbid dan sebagainya. Alhamdulillah di puskesmas kami lansia-lansia tenaga kesehatan yang tahap sekarang ini sudah bisa memulai dosis pertamanya," papar Kepala Puskesmas Kramat Jati, Inda Mutiara.
(nug)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1360 seconds (0.1#10.140)