Jangan Khawatir, Maskne Bisa Dicegah Melalui 8 Cara Berikut Ini

Sabtu, 13 Februari 2021 - 10:48 WIB
loading...
Jangan Khawatir, Maskne Bisa Dicegah Melalui 8 Cara Berikut Ini
Masker sangat berguna untuk melindungi masyarakat dari penyebaran Covid-19, namun di sisi lain juga dapat menimbulkan masalah terhadap wajah. / Foto: ilustrasi/dok. SINDOphoto
A A A
JAKARTA - Sejak pandemi Covid-19 mendera, masyarakat diwajibkan menggunakan masker wajah saat ke luar rumah maupun berinteraksi dengan orang lain. Masker pun menjadi bagian keseharian masyarakat.

Baca juga: Yuk, Tiru Makeup Sehari-Hari Ala Mantan Finalis Idola Cilik Ini!

Masker sangat bergunauntuk melindungi masyarakat dari penyebaran virus corona baru. Namun, di sisi lain juga dapat menimbulkan masalah, khususnya bagi pemilik wajah yang sensitif yang mudah berjerawat. Sebuah penelitian yang diterbitkan dalam Journal of American Academy of Dermatology melaporkan bahwa setidaknya 83% petugas kesehatan di Hubei, China mengalami masalah kulit di wajah.

"Kasus baru untuk jerawat belakangan mencapai rekor tertinggi selama saya menjalankan praktik dokter kecantikan dan kebanyakan di antara mereka menghubungi saya lewat pesan online karena takut datang langsung ke klinik di masa pandemi ini," ujar dr. Wahyu Triasmara, pemilik klinik kecantikan DrW Skincare Indonesia, dalam keterangan tertulisnya, Sabtu (13/2).

Menurutnya, kondisi semacam ini bisa saja terjadi karena masker dapat memperburuk masalah kulit yang sudah ada atau menimbulkan masalah baru. Terlebih dengan cuaca di negara kita yang cukup panas dapat mengakibatkan risiko munculnya jerawat baru menjadi lebih besar.

Jangan Khawatir, Maskne Bisa Dicegah Melalui 8 Cara Berikut Ini


Lalu bagaimana cara untuk mencegah timbulnya masalah wajah seperti jerawat akibat masker wajah yang dalam dunia kedokteran disebut Maskne ini? Dokter Wahyu Triasmara pun membagikan tips berikut dari.

1. Pilih masker yang tepat

Saat ini banyak sekali masker yang dijual di pasaran dengan berbagai macam jenis bahan. Namun, disarankan memilih masker dengan bahan 100% terbuat dari cotton, yang sudah sesuai dengan standar protokol kesehatan.

"Bahan ini memungkinkan kulit kita bisa bernapas di saat suhu meningkat dan produksi keringat banyak. Sedia lebih banyak masker agar lebih simpel saat berganti-ganti," ungkap dr. Wahyu.

2. Sering mengganti atau mencuci masker

Rutin lah mengganti atau mencuci masker serta membilasnya dengan bersih. Sebab, sisa detergen juga dapat membuat kulit makin iritasi. Sering berganti masker memungkinkan untuk kulit terhindar dari paparan kotoran atau kuman penyebab jerawat makin berat. Bawa masker lebih dari dua bila sedang pergi ke luar atau saat bekerja.

3. Gunakan kosmetik yang ringan

Jangan bebani kulit wajah dengan kosmetik yang terlalu berat seperti bedak padat, foundation, concealer dan lainnya. Kondisi seperti ini dapat memicu penyumbatan pori-pori kulit sehingga menyebabkan penumpukan komedo dan jerawat. Sebaiknya gunakan skincare rutin dan pilihan makeup yang ringan. Tak masalah bila ingin memberi sedikit sentuhan pada bagian mata.

4. Lindungi kulit dari paparan sinar matahari

Gunakan sunscreen atau tabir surya yang mengandung SPF sehingga mampu melindungi kulit dari paparan sinar matahari langsung. Sebab, paparan sinar matahari yang terjadi secara terus-menerus dapat merusak kulit wajah Anda. Wajah tak memakai tabir surya akan tetap terbakar meski tidak terlalu terlihat. Baiknya pakai juga tabir surya meski berada di dalam ruangan.

5. Rajin cuci muka

Cuci muka dengan sabun wajah sesuai jenis kulit Anda. Mencuci wajah secara rutin, akan dapat mengangkat kotoran di wajah sehingga tidak mengumpul di pori-pori yang akhirnya dapat menimbulkan munculnya jerawat- jerawat baru. Lakukan scrub wajah ringan bila wajah terasa sangat kotor sekali. Juga disarankan untuk melakukan double cleansing setelah bepergian.

6. Kurangi makanan pemicu timbulnya jerawat

Makanan terlalu tinggi protein seperti seafood, telur, terlalu tinggi gula atau karbo, pedas, gorengan dan makanan berlemak dapat memicu produksi jerawat. Batasi konsumsinya supaya tidak mudah merangsang pertumbuhan jerawat yang baru. Perbanyak makan sayur dan buah-buahan akan membuat wajah semakin cerah dan sehat. Jangan hanya merawat wajah dari luar saja, memberi asupan dari dalam juga penting.

7. Gunakan pelembap wajah

Pelembap berfungsi untuk meningkatkan barier pertahanan kulit tubuh kita dari serangan kuman dan juga hal-hal yang dapat memicu terjadinya iritasi pada kulit wajah. Sesuaikan pelembab dengan jenis kulit Anda. Saat ini sudah banyak sekali pelembab yang diperuntukan semua jenis kulit. Sehingga tak perlu repot mencoba satu persatu jenis pelembap.

Baca juga: Tips Pilih Skin Care yang Tepat Agar Kulit Wajah Tetap Sehat

8. Jangan sembarang menggunakan produk skincare

Alangkah bijak untuk mendapatkan hasil yang baik selama perawatan dengan melakukan konsultasi utama pada dokter. Sebab, mengobati jerawat butuh waktu dan kesabaran. Oleh karenanya, alangkah baiknya dalam perawatan wajib melakukan konsultasi terlebih dahulu. Sehingga anda akan mendapatkan perawatan yang tepat.
(nug)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1675 seconds (0.1#10.140)