Resmikan Movieland, Wamenparekraf Angela Tanoesoedibjo Optimistis Indonesia Bangkit

Sabtu, 13 Februari 2021 - 19:14 WIB
loading...
Resmikan Movieland, Wamenparekraf Angela Tanoesoedibjo Optimistis Indonesia Bangkit
Wakil Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Angela Tanoesoedibjo optimistis sektor pariwisata dan ekonomi kreatif bisa bangkit pasca-pandemi Covid-19. Foto/Dimas Andhika Fikri.
A A A
JAKARTA - Badai pandemi masih menghantam dunia, tetapi Wakil Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Angela Tanoesoedibjo optimistis sektor pariwisata dan ekonomi kreatif bisa bangkit pasca-pandemi Covid-19.

Berkaca dari data pegerakan wisatawan mancanegara (wisman) di 2019, jumlah kunjungan wisman ke Indonesia menunjukkan tren yang sangat positif hingga menyentuh angka 16,11 juta wisatawan. Mereka juga menyumbang devisa negara hingga Rp280 triliun.



"Dan ini sebenarnya bisa dikembangkan lagi mengingat di ASEAN sendiri pada tahun yang sama mencatat 133.1 jt kunjungan wisman," kata Wamenparekraf Angela Tanoesoedibjo saat menghadiri acara ground breaking Movieland di Lido City, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Sabtu (13/2/2021).

Tak kalah penting, Angela mengatakan pergerakan wisatawan nusantara ke luar negeri (outbond) juga bisa menjadi alternatif sementara dalam memulihkan sektor pariwisata yang sedang terpuruk.

Data BPS 2019 mencatat, terdapat sekitar 280 juta wisatawan Indonesia yang melakukan perjalanan ke luar negeri dengan total spending mencapai Rp307 triliun. Potensi inilah yang tengah digarap Kemenparekraf untuk membuat wisatawan Indonesia tertarik melakukan perjalanan domestik.

"Bisa dimaksimalkan lagi, terutama dari framing per personnya. Kalau kita bisa kita tingkatkan lagi sangat-sangat luar biasa. Dan ini adalah strategi kita dalam jangka pendek untuk memulihkan industri pariwisata nasional," terang Angela Tanoesoedibjo.

Dari segi ekonomi kreatif, Wamenparekraf Angela Tanoesoedibjo menjelaskan bahwa Indonesia juga memiliki potensi yang tidak dapat dipandang sebelah mata. Dari tahun ke tahun, sektor ekraf Indonesia mengalami peningkatan pesat hingga menyumbang PDB sebesar Rp1.100 triliun dengan kontribusi ekspor senilai 20 miliar US Dollar.

"Sektor ekraf juga menyerap tenaga kerja yang besar mencapai 34 juta tenaga kerja. Ini potensi yang harus kita kembangkan. Karena PDB ekraf pada 2020 turun menjadi Rp1050 triliun tentunya berdampak pada penyerapan tenaga kerja," ungkapnya.

Maka dari itu, Wamenparekraf Angela Tanoesoedibjo memberikan apresiasi sebesar-besarnya kepada MNC Group yang berinisiatif membangun creative hub bertajuk Movieland di Kawasan Ekonomi Kreatif Lido City, Kabupaten Bogor, Jawa Barat.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2295 seconds (0.1#10.140)