Selain Olahraga, Hindari Hal Ini jika Ingin Turunkan Kolesterol

Jum'at, 19 Februari 2021 - 10:09 WIB
loading...
Selain Olahraga, Hindari Hal Ini jika Ingin Turunkan Kolesterol
Setiap orang, terutama usia 40 tahun ke atas, perlu menjaga kadar kolesterol dan trigliserida dalam tubuh agar jumlahnya tidak berlebihan. / Foto: ilustrasi/The Guardian
A A A
JAKARTA - Kolesterol dan trigliserida tinggi bisa menyebabkan berbagai macam masalah kesehatan. Kondisi ini dapat menyumbat arteri, sehingga meningkatkan risiko penyakit jantung .

Baca juga: Begini Cara Membuat Ayam Goreng Laos, Gampang Banget

Setiap orang, terutama usia 40 tahun ke atas, perlu menjaga kadar kolesterol dan trigliserida dalam tubuh agar jumlahnya tidak berlebihan. Salah satunya adalah dengan menghindari sejumlah makanan.

"Bagi orang dengan kolesterol tinggi , tentu harus dibatasi makanannya," kata Ahli Gizi Universitas Padjadjaran, Dr. Gaga Irawan Nugraha, dr., Sp.GK., M.Gizi dikutip Kamis (18/2).

Dr Gaga menyarankan untuk menghindari otak, baik otak sapi atau otak ikan. Makanan ini mengandung kolesterol jahat tinggi yaitu 2.500 miligram per 100 gram. Selain itu, penting juga untuk menghindari jeroan, kulit, kikil dan kuning telur.

Kuning telur termasuk makanan yang paling banyak ditemui. Meskipun banyak orang yang sudah berhenti mengonsumsi langsung, kuning telur masih bisa ditemukan pada jenis makanan lainnya. Utamanya pada kue maupun makanan yang terbuat dari tepung.

"Jangan lupa banyak makanan yang terbuat dari tepung terigu dan pakai kuning telur di dalamnya," jelas Dr Gaga.

Sementara makanan yang mengandung trigliserida tinggi merupakan makanan yang mengandung gula dan minyak. Penggunaan gula, Dr Gaga mengimbau untuk dibatasi hanya sebagai bumbu pelengkap saja.

Menurut Dr Gaga, ada beberapa tingkatan kondisi jika dilihat dari kadar kolesterol dan trigliserida. Jika ada salah satu yang lebih, orang tersebut berada pada kondisi gizi lebih. Apalagi jika didukung dengan indeks massa tubuh yang melebihi normal.

Selain itu, kolesterol tinggi tidak hanya berasal dari makanan yang masuk ke dalam tubuh. Kolesterol sendiri merupakan lemak yang dibutuhkan pada tubuh. Artinya, sel akan memanfaatkan kolesterol yang sudah diproduksi pada tubuh.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1538 seconds (0.1#10.140)