5 Cara Menurunkan Berat Badan untuk Penderita Diabetes

loading...
5 Cara Menurunkan Berat Badan untuk Penderita Diabetes
Penurunan berat badan pada penderita diabetes merupakan cara yang efektif untuk mencegah faktor risiko terkait seperti obesitas dan penyakit jantung. Foto/Eatthis.
JAKARTA - Penurunan berat badan pada penderita diabetes merupakan cara yang efektif untuk mencegah faktor risiko terkait seperti obesitas dan penyakit jantung.

Kegemukan atau obesitas merupakan salah satu masalah kesehatan yang harus diperhatikan oleh setiap orang. Tetapi, ketika berbicara tentang penderita diabetes, kesehatan dan pengendalian berat badan harus menjadi prioritas.

Baca juga: Perubahan Kebiasaan Buang Air Bisa Jadi Gejala Diabetes

Menurut sebuah penelitian, penurunan berat badan sekitar 5-10 persen dapat secara signifikan meningkatkan fungsi sel beta di pankreas, memperbaiki masalah yang terkait dengan gangguan jaringan adiposa dan mengurangi faktor risiko diabetes terkait obesitas. Berikut ini tips menurunkan berat badan untuk penderita diabetes seperti dilansir Boldsky.

1. Aktivitas fisik secara teratur
Jalan kaki merupakan aktivitas fisik yang sederhana dan efektif untuk menurunkan berat badan pada penderita diabetes. Sebuah penelitian menyebutkan bahwa berjalan kaki selama 30 menit setiap hari dapat membantu mengurangi risiko komplikasi diabetes seperti penyakit jantung.



2. Diet Mediterania
Diet Mediterania adalah jenis diet yang melibatkan konsumsi tinggi sayuran, buah-buahan, kacang-kacangan, biji-bijian, minum banyak air, menggunakan minyak zaitun, makan ikan dan jumlah olahraga yang tepat hingga pengurangan asupan daging merah.

3. Menari
Menari adalah olahraga yang menyenangkan. Ini membantu membakar banyak lemak dan tidak membuat tubuh stres. Menari tidak terlalu memberatkan tubuh dan bisa dengan mudah dilakukan oleh penderita diabetes untuk menurunkan berat badan.

Baca juga: Pare dan Kayu Manis Bisa Cegah Diabetes

4. Mengurangi Stres
Stres bisa menjadi salah satu alasan utama kelebihan berat badan pada penderita diabetes serta orang dewasa yang sehat. Sebuah penelitian mengatakan bahwa orang dengan sindrom metabolik (termasuk diabetes) dan gejala depresi sangat kecil kemungkinannya untuk menurunkan berat badan.

5. Jus
Meskipun jus buah dianggap dapat meningkatkan kadar gula dalam tubuh, gula alami dari beberapa buah seperti jeruk tidak berdampak buruk bagi kesehatan dan dapat membantu menurunkan berat badan. Jus segar tanpa pemanis dan 100 persen dari buah utuh mengandung banyak serat makanan dan nutrisi lain seperti vitamin A, vitamin C, potasium dan serat yang dapat membantu mengelola diabetes dan membantu perjalanan penurunan berat badan.
(tdy)
preload video
TULIS KOMENTAR ANDA!
Top