Perubahan Kebiasaan Buang Air Bisa Jadi Gejala Diabetes

Kamis, 18 Februari 2021 - 07:07 WIB
loading...
Perubahan Kebiasaan Buang Air Bisa Jadi Gejala Diabetes
Pasien akan menemukan bahwa otot usus mereka berjuang untuk mengerut pada waktu yang tepat, yang berarti lebih banyak cairan yang diserap dari tinja Anda. / Foto: ilustrasi/gialliance
A A A
JAKARTA - Diabetes tipe 2 disebabkan oleh tubuh yang tidak cukup memproduksi hormon insulin, atau tubuh tidak bereaksi terhadap insulin. Hormon ini digunakan untuk mengubah gula dalam darah menjadi energi yang bisa digunakan.

Baca juga: Mana yang Lebih Sehat, Tidur Pakai Bra atau Tanpa Bra?

Beberapa gejala diabetes yang paling umum termasuk kelelahan, luka atau luka yang membutuhkan waktu lebih lama untuk sembuh, atau buang air kecil lebih banyak dari biasanya.

Tetapi Anda juga bisa mengungkapkan risiko diabetes dengan memeriksa ke toilet setelah buang air besar. Menurut WebMD, banyak penderita diabetes mengembangkan beberapa jenis kerusakan saraf.

Seperti dilansir Daily Express, Rabu (17/2), kerusakan saraf yang juga dikenal sebagai neuropati diabetik dapat menyebabkan beberapa masalah pada usus.

Pasien akan menemukan bahwa otot usus mereka berjuang untuk mengerut pada waktu yang tepat, yang berarti lebih banyak cairan yang diserap dari tinja Anda. Akibatnya adalah merasa sembelit tanpa alasan yang jelas, sementara juga buang air besar sangat keras.

Sekitar 60-70% penderita diabetes memiliki beberapa bentuk kerusakan saraf, atau neuropati diabetik. Kondisi ini bisa berkembang kapan saja, tapi semakin lama Anda menderita diabetes, semakin besar kemungkinannya.

Ketika diabetes merusak saraf yang menuju ke perut dan usus, mereka tidak dapat memindahkan makanan secara normal. Ini menyebabkan sembelit, tetapi Anda juga bisa mengalami sembelit dan diare secara bergantian, terutama di malam hari.

Saraf yang salah arah tidak mengontraksi otot yang mencampur dan memindahkan barang-barang di usus, jadi semuanya melambat. Usus besar menyerap lebih banyak kelembapan dari feses, yang membuat feses lebih keras dan lebih sulit untuk dikeluarkan.

Tetapi beberapa pasien diabetes menemukan efek sebaliknya. Jika kerusakan saraf terjadi di usus besar, kelembapan bisa masuk terlalu cepat, yang bisa menyebabkan diare. Pasien merasa perlu ke toilet lebih sering, dan karena hal yang mendesak.

Baca juga: Peneliti di Brasil Temukan Pasien Covid-19 yang Terinfeksi Dua Jenis Virus Berbeda

Anda harus berbicara dengan dokter jika adanya perubahan pada kebiasaan buang air yang telah berlangsung selama beberapa minggu.
(nug)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1625 seconds (0.1#10.140)