5 Drama Korea yang Kontroversial karena Tema dan Adegannya

Jum'at, 19 Februari 2021 - 19:15 WIB
loading...
5 Drama Korea yang Kontroversial karena Tema dan Adegannya
Drama The Lover jadi sorotan karena menyorot tema yang tabu dengan adegan seksualitas yang eksplisit. Foto/Mnet
A A A
JAKARTA - Beberapa drama Korea yang tayang di televisi nasional atau televisi kabel pernah mengundang kontroversi dari penonton, baik karena tema maupun adegannya.

Yang menarik, seringkali karena menyulut kontroversi, justru popularitas drama tersebut meroket, terbukti dari banyaknya pencarian judul drama tersebut di mesin pencari. Nah, berikut lima drama Korea yang dianggap kontroversial oleh penonton di Korea.

1. THE LOVER (2015)

5 Drama Korea yang Kontroversial karena Tema dan Adegannya

Foto: Mnet

Serial 12 episode ini tayang di Mnet, dan konsepnya lebih mirip program komedi situasi dibanding drama Korea konvensional. Yang membuatnya kontroversial adalah temanya, yang memotret kehidupan tiga pasangan yang tinggal serumah tanpa ikatan pernikahan, dan satu pasangan sejenis. Selain itu, adegan-adegan eksplisit yang mengarah pada seksualitas juga menjadi sorotan.

Seperti diketahui, dalam masyakarat Korea , tema seksualitas masih menjadi hal yang tabu untuk dibicarakan terbuka, apalagi dipertontonkan secara eksplisit dalam program televisi. Meski "The Lover" disiarkan pada waktu nyaris tengah malam, tapi tetap saja mengundang kontroversi. Meski begitu, banyak penonton di Korea yang menyukai ceritanya, dengan menyebutnya sebagai "unik" dan "lucu".

"The Lover" menceritakan empat pasangan dalam gedung yang sama. Pasangan pertama adalah seorang pengisi suara (voice over) dan seorang bloger. Mereka sudah hidup bersama selama dua tahun.

Pasangan kedua punya jarak usia 12 tahun, dengan sang perempuan yang jauh lebih tua. Sang pria adalah musisi pengangguran yang sebenarnya tak bisa bermain gitar. Mereka sudah tinggal bersama selama setahun, sering ribut, tapi gampang baikan kembali.

Baca Juga: 8 Drama Korea Genre Komedi Romantis Terbaik 2019-2020

Pasangan ketiga adalah pasangan usia 20-an tahun yang baru saja hidup bersama. Sementara cerita pasangan keempat dimulai dari kisah seorang pria introver yang harus berbagi kamar dan tempat tidur dengan seorang pria. Dia senang saat tahu bahwa teman sekamarnya adalah orang Jepang, dengan harapan mereka tak perlu banyak bicara karena rekannya itu dinilai tak bisa berbahasa Korea.

2. SECRET AFFAIR (2014)

5 Drama Korea yang Kontroversial karena Tema dan Adegannya

Foto: JTBC

Drama ini bercerita tentang seorang perempuan berusia 40-an tahun yang sudah menikah, dan punya hubungan gelap dengan seorang pianis muda berbakat berusia 20-an tahun. Kisah melodrama ini fokus pada kerumitan hubungan mereka dan norma masyarakat yang mereka langgar.

Dari judul dan sinopsisnya saja, drama ini sudah cukup mengundang rasa penasaran dan kontroversi. Penonton di Korea menganggap adegan-adegan seksualitasnya cukup eksplisit dan sensual. Mengutip kdramastars.com, pada masa ditayangkan di televisi kabel JTBC, mesin pencari Naver mencatat traffic yang tinggi dari masyarakat Korea yang penasaran dengan serial ini.

Drama sepanjang 16 episode ini dibintangi Kim Hee-ae dan Yoo Ah-in. "Secret Affair" diadaptasi dari film Jepang "Tokyo Tower" yang dirilis pada 2005.

3. K-2 (2016)

5 Drama Korea yang Kontroversial karena Tema dan Adegannya

Foto: tvN

Drama ini dibintangi Ji Chang-wook dan Im Yoon-ah sepanjang 16 episode, dan tayang di tvN. Ceritanya tentang mantan tentara yang pernah ditugaskan di Irak, dan jatuh cinta pada warga sipil bernama Raniya. Setelah pulang ke Korea Selatan, dia menjadi bodyguard untuk seorang kandidat presiden.

Yang menjadi kontroversi dan tidak disukai sebagian penonton dari drama ini adalah penggambaran karakter Raniya yang seorang muslim, tapi lantas melepas jilbabnya.

Selain itu, hal kontroversial lainnya adalah adanya adegan di kamar mandi antara para pria yang terlihat bertelanjang dada. Meski begitu, kontroversi ini lebih pada aturan sensor.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2073 seconds (0.1#10.140)