Tips Membuat Siomay Goreng Dos yang Renyah dan Gurih

Selasa, 23 Februari 2021 - 16:31 WIB
loading...
Tips Membuat Siomay Goreng Dos yang Renyah dan Gurih
Siomay menjadi salah satu kuliner yang digemari. Isiannya pun bervariasi, mulai ayam, ikan, udang, dan lainnya. Ada juga tanpa isian daging atau disebut dos. Foto/Istimewa.
A A A
Siomay menjadi salah satu kuliner yang digemari. Di Indonesia, cemilan ini memiliki beragam variasi, mulai isian ayam, ikan, udang, dan lainnya. Ada juga siomay goreng tanpa isian daging dan dilapisi kulit pangsit atau disebut dos.

Siomay Goreng Dos memiliki tekstur yang renyah dan rasanya gurih sehingga cocok untuk camilan keluarga di rumah. Tertarik untuk membuatnya? Berikut resep membuat dikutip dari Youtube Devina Hermawan.



Bahan-bahan:
150 gr tepung terigu protein sedang
50 gr tepung beras
500 ml air
40 ml minyak panas
3 siung bawang putih, parut
1 batang daun bawang, iris
2 sdm saus tiram
3 sdm kecap ikan
1 sdt garam
1 sdm gula
½ sdt merica
2 sdt kaldu bubuk atau penyedap
1 butir putih telur
100 gr tepung sagu
Kulit pangsit goreng

Sambal cocol:
4 siung bawang putih
15 buah cabai rawit merah
2 buah cabai merah
4-5 sdm cuka
3 sdm gula
200 ml air
Garam
Kaldu bubuk atau penyedap

Cara membuat:
Masak air, tepung beras, dan tepung protein sedang sambil terus diaduk hingga membentuk adonan kemudian biarkan dingin. Siram daun bawang dengan minyak panas, tambahkan bawang putih lalu aduk rata.



Masukkan kecap ikan, saus tiram, garam, gula, merica, dan kaldu bubuk dan penyedap kemudian aduk rata. Masukkan putih telur dan tepung sagu, aduk.

Setelah adonan tepung sudah dingin, campurkan ke dalam adonan tadi hingga tercampur rata. Siapkan kulit pangsit, ambil 1 ½ sdm adonan kemudian ratakan di seluruh permukaannya.

Lalu tekuk menggunakan kedua tangan, lakukan hingga adonan habis. Siapkan minyak panas, goreng siomay hingga kuning keemasan menggunakan api sedang hingga kecil.

Untuk sambal cocol, blender bawang putih, setengah cabai rawit, dan air hingga halus. Masukkan sisa cabai rawit dan cabai merah, blender kasar. Tambahkan cuka dan gula.

Masak sambal hingga air berkurang dan matang, kemudian koreksi rasa. Sajikan siomay goreng dos dengan sambal cocol sebagai pelengkap.
(tdy)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1256 seconds (0.1#10.140)