Makanan Kaya Vitamin D yang Harus Ditambahkan dalam Menu Diet Anda

loading...
Makanan Kaya Vitamin D yang Harus Ditambahkan dalam Menu Diet Anda
Vitamin D dapat memberikan perlindungan terhadap infeksi saluran pernapasan. Foto/Times of India
JAKARTA - Beberapa penelitian menunjukkan bahwa vitamin D dapat memberikan perlindungan terhadap infeksi saluran pernapasan akibat virus. Hasil penelitian ini mungkin telah menemukan adanya hubungan antara COVID-19 dan rendahnya tingkat vitamin D.

Namun, selama ini tidak ada bukti yang menunjukkan hubungan sebab akibat secara langsung antara kekurangan vitamin D dengan peningkatan risiko COVID-19. Hanya, para ahli mengatakan, secara biologis kekurangan vitamin D dapat meningkatkan kerentanan terhadap infeksi COVID-19.

Baca Juga: Buah Berikut Ini Bisa Membantu Melawan Depresi, Apa Saja?

Sementara itu kekurangan vitamin D juga dapat menyebabkan masalah kesehatan lain seperti penyakit jantung, osteoporosis, diabetes tipe 1, serta beberapa kanker di antaranya payudara, prostat, ovarium, dan sistem limfatik.



Berikut adalah beberapa makanan yang bisa Anda masukkan dalam menu makanan sehari-hari, seperti dilansir dari laman Times Now News.

1. Telur Utuh
Anda bisa konsumsi telur secara utuh karena putih telur kaya akan protein, sementara kuning telur merupakan sumber vitamin, mineral, dan lemak omega-3 yang sangat baik.

2. Salmon
Ikan berlemak ini adalah sumber vitamin D yang baik. Menurut Database Komposisi Makanan USDA, 100 gram salmon mengandung 526 IU vitamin D. Selain itu salmon juga kaya akan lemak omega-3, protein, kalium, dan beberapa nutrisi lain.



3. Tuna Kalengan
Selain vitamin D, tuna kalengan juga mengandung kadar niasin dan vitamin K yang baik. Satu porsi tuna kalengan memberi Anda sekitar 268 IU vitamin D.

Baca Juga: Daftar Makanan Ini Bisa Bantu Anda Kelola Gula Darah di Rumah

4. Jamur
Mungkin tidak banyak yang tahu bahwa jamur merupakan sumber vitamin D nabati. Perlu diketahui, jamur yang dapat kita makan mampu mensintesis vitamin D2 ketika terkena sinar UV.

5. Makanan yang Diperkaya
Sumber alami vitamin D memang terbatas, namun ada sejumlah makanan yang memiliki nutrisi ini seperti susu kedelai, susu sapi, jus jeruk, sereal, dan oatmeal.
(tsa)
preload video
TULIS KOMENTAR ANDA!
Top