Badan Susah Bergerak saat Tidur karena Ketindihan Makhluk Halus, Mitos atau Fakta?

Rabu, 24 Februari 2021 - 12:16 WIB
loading...
Badan Susah Bergerak saat Tidur karena Ketindihan Makhluk Halus, Mitos atau Fakta?
Lalu apa yang harus dilakukan saat sedang mengalami ketindihan seperti itu? Temukan jawabannya hanya di Podcast Kata Dokter bersama dr. Nadya Alaydrus. / Foto: ist
A A A
JAKARTA - Pasti kalian pernah mengalami badan kaku dan susah bergerak saat bangun tidur atau yang sering disebut " ketindihan ".

Baca juga: Cinta Bersemi di Jember Hiasi Panggung Road To Kilau Raya MNCTV

Dalam Podcast Kata Dokter di RCTI+ dibahas terkait "ketindihan", dan kalau kata orang itu namanya ditindih setan. Kata Dokter ingin meluruskan semuanya itu. Yuk, simak penjelasannya tentang Mitos atau Fakta Ketindihan Karena Makhluk Halus yang disampaikan oleh dr. Nadia Alaydrus dalam Podcast Kata Dokter dalam aplikasi RCTI+.

Dr. Nadia Alaydrus adalah dokter kecantikan yang mempunyai paras cantik, dr. Nadya juga kerap aktif membagikan beberapa tips kecantikan dan kesehatan lainnya di sosial media. Selain menjadi dokter, dr. Nadya pernah menjadi seorang model juga, lho! Keren ya dr. Nadya.

Sebelumnya, dr. Nadia membagikan informasi terkait istilah cantengan. "Mungkin teman-teman di sini ada yang pernah ngalamin yah yang namanya cantengan. Dalam istilah medis itu disebut ingrown toenail, jadi kukunya itu tumbuh ke dalam daging dan emang biasanya itu merah, meradang, sakit kayak dipegang dikit aja tuh udah sakit banget. Jadi gimana caranya supaya kalian enggak mengalami cantengan?" kata dr. Nadia.

"Perlu diperhatikan biasanya itu ukuran sepatu jangan sampai jempol kalian itu terlalu tertekan, yang kedua juga rajin potong kuku, terakhir kalau memang sudah terjadi cantengan, sebelum pergi dokter yang bisa kalian lakukan dirumah adalah meredamnya dengan air hangat setelah itu bisa langsung dibawa ke fasilitas kesehatan untuk dilakukan terapi lanjutan."

Episode kedua ini Kata Dokter tak kalah menariknya dibanding dengan episode sebelumnya. Banyak informasi seputar dunia kesehatan mungkin belum diketahui, salah satunya adalah tentang fakta atau mitos ketindihan.

"Aku yakin deh kalian semua yang dengerin ini pasti pernah mengalami yang namanya ketindihan, yang lucunya lagi nih mitos di Indonesia tuh ada yang bilang ditindih setan. Nah apa sih sebenarnya yang terjadi dengan istilah ketindihan?" ucap dr. Nadia.

"Jadi tindihan dalam istilah medis itu disebut dengan sleep paralysis.Yaitu rasanya seperti kita sedang mimpi terus di mimpi itu kita mau teriak, mau melawan, mau gerak aja tuh gabisa, nah itu adalah hal wajar yang biasa dialami banyak orang," kata dr. Nadia.

"Karena pada saat tidur itu otak kita itu akan mengistirahatkan otot-otot jadi saat kita tidur otak yang memerintahkan untuk seluruh tubuh istirahat dan kemudian kita bermimpi tapi tiba-tiba saat kita ada di fase tersebut, mimpi kita itu berhenti dan kita dipaksa untuk melek padahal otak belum mengirim sinyal untuk otot-otot ikut terbangun juga atau bergerak jadi yang melek cuma mata, ototnya masih lumpuh ibaratnya gitu," lanjutnya.

Baca juga: 5 Tanda Covid-19 Telah Masuk Dalam Darah, Salah Satunya Terjadi Pembengkakan

Lalu apa yang harus dilakukan saat sedang mengalami ketindihan seperti itu? Temukan jawabannya hanya di Podcast Kata Dokter bersama dr. Nadya Alaydrus eksklusif hanya di aplikasi RCTI+ atau langsung klik link ini: https://radio.rctiplus.com/player-music?contentType=podcast&contentId=3454 .

Download aplikasi RCTI+ di Play Store dan App Store untuk bisa menikmati banyak konten seru lainnya atau melalui link https://www.rctiplus.com .
(nug)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2535 seconds (0.1#10.140)