Makna dan Keutamaan Membaca Surat At-Tin, Surat Favorit Para Imam

Kamis, 25 Februari 2021 - 15:31 WIB
loading...
Makna dan Keutamaan Membaca Surat At-Tin, Surat Favorit Para Imam
Foto/MNC Media
A A A
JAKARTA - Surat At-Tin bisa dikatakan salah satu surat favorit para imam yang acap kali dibaca dalam sholat. Surat At-Tin merupakan surat ke-95 dan berjumlah 8 ayat. Surat ini tergolong surat Makkiyah karena diturunkan di Kota Mekkah.

Nama At-Tin sendiri diambil dari ayat pertama yang terdapat kata At-Tin yang berarti buah tin. Dalam surat At-Tin, Allah SWT bersumpah atas 4 hal yaitu, demi buah tin, demi buah zaitun, demi bukit sinai dan demi Kota Mekkah yang aman. Makna dan penjelasan tentang Surat At-Tin menjadi topik pembicaraan di DAI MUDA RCTI+ episode 61 bersama Muhammad Vickry. DAI MUDA tayang eksklusif di RCTI+ setiap Rabu dan Jum’at pukul 15.30 WIB.

Tempat yang banyak tumbuhnya buah tin dan buah zaitun yaitu Negeri Syam Palestina. Para ulama tafsir mengatakan bahwa yang dimaksud dengan surat At-Tin yaitu tempat tinggal Nabi Nuh A.S di Damakus yang banyak ditumbuhi pohon tin, dan juga tempat tinggal Nabi Isa A.S di Baitulmukadas yang banyak ditumbuhi buah zaitun.

Bukit Sinai adalah tempat Nabi Musa A.S menerima wahyu dari Allah SWT yang berada di luar tembok Yerusalem, dan Kota Mekkah yang aman ialah Mekkah Al-Mukaramah. Kota yang sejak zaman jahiliah hingga saat ini tetap terjaga dan terpelihara kesuciannya. Serta Mekkah menjadi tempat pertama kali Nabi Muhammad SAW menerima wahyu.

Manusia adalah makhluk dalam bentuk sempurna yang diciptakan oleh Allah SWT dibandingkan dengan makhluk lain karena manusia memiliki akal dan nafsu. Dengan menggunakan akalnya manusia dapat mengontrol emosi yang membuat kehidupan rukun dan tentram. Allah SWT mengangkat derajat kemuliaan manusia dengan memberikan kelebihan yaitu kemampuan untuk memperoleh kehidupan yang baik di darat maupun di laut.

Di dalam surat At-Tin memiliki makna yang terkandung yaitu sumpah Allah kepada lokasi para nabi yang telah gigih memperjuangkan agama Allah dengan penuh kesabaran, ketabahan, ketawakalan, dan juga bersyukur kepada Allah SWT karena telah menciptakan manusia sebagai makhluk yang sempurna.

Selengkapnya mengenai penjelasan lebih dalam tentang surat At-Tin, bisa viewers saksikan kembali DAI MUDA eksklusif di RCTI+. Download aplikasi RCTI+ di Play Store dan App Store untuk bisa menikmati banyak konten seru lain atau melalui link https://www.rctiplus.com.
(tsa)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1729 seconds (0.1#10.140)