Lewat Unggahannya, Selebgram K-Pop Ini Ingin Tunjukkan Korea Tak Melulu Indah bak K-Drama

loading...
Lewat Unggahannya, Selebgram K-Pop Ini Ingin Tunjukkan Korea Tak Melulu Indah bak K-Drama
Selebgram Mutiara Adiguna alias Jinju. Foto/Istimewa
JAKARTA - Budaya Korea sudah sedemikian merasuk ke hati masyarakat Indonesia. Dari drama ( K-Drama ), kecantikan, kuliner, hingga musiknya ( K-Pop ) begitu digemari publik di Tanah Air. Tak heran, apapun yang berbau Korea bisa dengan mudah menarik perhatian, khususnya generasi muda.

Salah satu penggila budaya Korea, khususnya K-Pop, adalah selebgram Mutiara Adiguna yang populer dengan nama Jinju. Video-video yang diunggahnya di media sosial kebanyakan bertema Korea. Ada drama, musik, boyband, termasuk realita kehidupan masyarakat di Negeri Ginseng.

Baca Juga: Ryeowook Super Junior Bawakan Terlanjur Mencinta, Tiara Andini Kasih Pujian

Jinju piawai membuat video realita kehidupan warga Korea lantaran pernah tinggal di sana pada kurun tahun 2019 hingga 2020 untuk bekerja dan kuliah.

"Awalnya, aku sharing pengalaman aja selama tinggal di Korea lewat konten, dan nggak nyangka bakal banyak yang nonton. Terus akhirnya keterusan dan jadi sharing banyak hal tentang Korea di berbagai media sosial aku. Kan Korea juga termasuk negara maju. Aku ngerasa banyak hal positif yang bisa di-share," kata Jinju.



Jinju mulai aktif membuat konten pada Maret 2020 setelah pulang dari Korea lantaran pandemi. "Karena bingung mau ngapain pas di rumah, aku buat tutorial makeup, contohnya Korean makeup look, karena kebetulan aku suka makeup-an. Kemudian, aku juga mengangkat karakter orang Korea, etos kerja mereka, tips kuliah di sana, tips dapat beasiswa, dan bahas drama Korea terbaru atau isu-isu hangat yang terjadi di Korea," beber wanita kelahiran 16 Desember 1999 itu.

Dalam sehari Jinju sanggup membuat 8-10 konten video. Ia mengaku, hal itu didorong oleh banyaknya permintaan netizen yang penasaran dengan kehidupan nyata di Korea.

Baca Juga: Cha Eun Woo Berperan sebagai Pengusir Setan di Drama Terbaru

"Kebanyakan yang ada di pikiran masyarakat Indonesia tentang kehidupan di Korea adalah bagian yang indahnya saja, seperti yang mereka tonton di drama Korea. Padahal realitanya tidak seperti itu," kata Jinju, yang pada Minggu (28/2) kemarin baru saja melangsungkan pernikahan dengan tema K-pop dan viral di TikTok dengan lebih dari lima juta views.

"Makanya, konten-kontenku itu (isinya) biar orang nggak berekspektasi tinggi. Inti pesan dalam kontenku sebenarnya adalah cerita bahwa Korea memang indah, cuma nggak seindah di drama Korea," lanjutnya.
(tsa)
preload video
TULIS KOMENTAR ANDA!
Top