Tips dan Trik Biliar: Mengenal Jenis-Jenis Bridge

Rabu, 03 Maret 2021 - 16:44 WIB
loading...
Tips dan Trik Biliar: Mengenal Jenis-Jenis Bridge
Foto/MNC Media
A A A
JAKARTA - Biliar telah menjadi aktivitas yang menyenangkan. Semakin banyak orang meminati olahraga ini. Untuk Anda yang baru memulai bermain biliar dan punya keinginan untuk bisa lebih asyik lagi saat bermain biliar, mulailah untuk mengenal beberapa komponen yang sangat diperlukan dalam bermain biliar.

Salah satunya adalah bridge, sering disebut juga dengan istilah jembatan atau kuda-kuda tangan. Pemain biliar harus tahu dan wajib melakukan ini.
“Bridge terbagi dalam tiga jenis, yakni open bridge, close bridge dan rail bridge," kata Coach Dino.

Dia menjelaskan, masing-masing jenis bridge akan dipakai seorang pemain biliar untuk kondisi yang berbeda-beda. Penggunaan bridge ini juga dimaksudkan untuk membuat pebiliar lebih nyaman dalam bermain biliar. Berikut ini penjelasan Coach Dino tentang cara melakukan masing-masing bridge.

OPEN BRIDGE
Letakkan kelima jari kiri Anda (apabila pemain dengan tangan kanan) dan renggangkan sedikit sesuai kenyamanan, kemudian ibu jari dinaikkan lebih tinggi sedikit dan menempel kejari telunjuk. Open bridge ini sangat akurat digunakan untuk jenis pukulan yang centre atau pukulan yang tidak menggunakan Efek.

CLOSE BRIDGE
Diawali dengan cara yang sama dengan open bridge yaitu meletakkan kelima jari dan berjarak antara jari yang satu dengan jari yang lain. Kemudian, jari telunjuk diletakkan di atas jari tengah, kemudian setelah itu ibu jari ditempelkan ke arah jari telunjuk atau boleh di antara jari telunjuk dan jari tengah (pilih mana yang lebih nyaman). Close Bridge lebih akurat digunakan untuk jenis pukulan yang menggunakan efek, bahkan efek yang maksimal sekalipun.

RAIL BRIDGE
Rail bridge ini jenis bridge atau kuda-kuda tangan yang pasti berhubungan atau menyentuh bantalan atau ban. Cara melakukannya bisa dimulai dengan cara yang sama dengan open bridge yaitu meletakkan kelima jari di atas bantalan (Frame). Kemudian, ibu jari diletakkan di bawah jari telunjuk

Kegunaan rail bridge adalah untuk memudahkan memukul bola ketika bola putih dekat atau hampir menempel dengan Ban. Namun, apabila bola putih benar-benar menempel pada ban, maka open bridge dan close bridge bisa digunakan secara bersamaan dengan rail bridge.

Coach Dino menyarankan agar pebiliar mempelajari cara melakukan masing-masing bridge tersebut dengan sesempurna mungkin.

Bridge memang terkesan mudah dan sangat simple. Tetapi, bridge adalah salah satu komponen yang sangat penting dalam memenangkan sebuah pertandingan. "Tidak sedikit pemain yang kalah dalam sebuah pertandingan hanya karena kurang sempurna dalam melakukan bridge yang benar. Have a nice try," ungkap Coach Dino.
(tsa)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1178 seconds (0.1#10.140)