Mementori Ratusan Perempuan, Sri Mulyani: Peduli dan Tak Mudah Menyerah Ciri Seorang Leader

Sabtu, 06 Maret 2021 - 18:12 WIB
loading...
Mementori Ratusan Perempuan, Sri Mulyani: Peduli dan Tak Mudah Menyerah Ciri Seorang Leader
Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati. Foto/Dok SINDOnews
A A A
JAKARTA - Didapuk sebagai Menteri Keuangan di periode kepemimpinan yang berbeda, hingga ditunjuk menjadi Direktur Pelaksana World Bank, kemampuan leadership seorang Sri Mulyani Indrawati tak perlu diragukan lagi.

Di tengah kesibukannya sebagai Menteri Keuangan, Sri Mulyani masih sempat menjadi mentor utama bagi ratusan perempuan muda dalam Girls Leadership Program yang digelar Kementerian Keuangan (Kemenkeu) RI bersama Yayasan Plan International Indonesia. Program ini bertujuan untuk meningkatkan kapasitas kepemimpinan para remaja serta kaum muda perempuan aspiratif yang memiliki visi terhadap kesetaraan dan pembangunan.



Mementori generasi muda, terutama kaum perempuan dalam program tersebut, Sri Mulyani meng-highlight bahwa ciri seorang pemimpin adalah melihat apa yang bisa dirinya berikan, atau kontribusi apa yang bisa dilakukan untuk membantu orang lain di sekitar.

“Ciri leader itu berpikir apa yang bisa saya bantu, peduli pada orang lain bukan diri sendiri. Kepedulian dan keinginan untuk melakukan sesuatu yang bisa membantu orang lain, peduli secara aktif. Itu adalah aset yang berharga,” ujar Sri Mulyani dalam gelaran Dialog Intergenerasional “Women and Girls: Game Changers in Development” yang dihelat secara daring, Sabtu (6/3).

Sri Mulyani menambahkan, elemen yang membedakan leader atau pemimpin dengan orang lain adalah bagaimana orang tersebut melihat tantangan yang akan selalu ada di dalam hidup.



“Tiap orang punya tantangan sendiri-sendiri di tiap level dalam hidup. Yang membedakan leader atau nggak adalah, orang yang melihat tantangan tapi orang itu bisa bangun dan bisa mengatasinya. Mungkin nggak selesai tantangannya, tapi dia tidak give up. Itu adalah elemen seorang pemimpin, ada keinginan untuk mengubah, punya ketahanan dalam kepribadiannya atau nggak gampang menyerah terhadap halangan itu,” pungkasnya.
(tsa)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2219 seconds (0.1#10.140)