Pentingnya Nutrisi Khusus untuk Dukung Terapi Pasien Kanker

Selasa, 09 Maret 2021 - 03:06 WIB
loading...
Pentingnya Nutrisi Khusus untuk Dukung Terapi Pasien Kanker
Salah satu cara untuk menjaga asupan nutrisi pasien kanker adalah dengan mengonsumsi makanan berbentuk cair. Foto/Istimewa
A A A
JAKARTA - PT Kalbe Farma menunjukkan komitmennya dalam mendukung kesehatan masyarakat, khususnya terhadap pejuang kanker di Indonesia. Salah satunya melalui layanan Kalbe Oncology Total Solution atau One Onco.

One Onco merupakan layanan onkologi terintegrasi yang memberikan solusi komprehensif bagi pasien kanker melalui layanan diagnostik terpadu, terapi pengobatan hingga komunitas. Layanan ini diharapkan bisa membantu meningkatkan kualitas hidup pasien kanker dan keluarganya.



Penyakit kanker dikenal sebagai penyebab kematian ketiga terbanyak di Indonesia setelah jantung dan stroke, dan penyebab kematian kedua terbanyak di dunia. Pada tahap awal perkembangannya, kanker tidak menimbulkan gejala dan biasanya baru terdeteksi saat telah mencapai stadium lanjut. Ini menjadi salah satu penyebab tingginya tingkat kematian akibat kanker.

“Pada saat awal perkembangan, kanker tidak menimbulkan gejala sehingga banyak pasien kanker yang tidak menyadari. Bila dikenali sejak awal, kanker besar kemungkinan bisa dikendalikan,” ujar dr. Dedyanto Henky Saputra melalui keterangan tertulis, Senin (8/3).

Secara umum penanganan kanker adalah dengan mempertahankan berat badan, mencegah komplikasi, dan meningkatkan daya tahan tubuh. Peningkatan daya tahan tubuh akan menentukan tindakan selanjutnya dalam penanganan kanker. Selama pengobatan, mulut penderita mungkin menjadi pahit atau penuh sariawan sehingga menyulitkan untuk menelan makanan padat.

Salah satu cara untuk menjaga asupan nutrisi adalah dengan mengonsumsi makanan berbentuk cair. “Kesulitan mengonsumsi nutrisi padat bisa diganti dengan nutrisi cair sebagai pelengkap maupun pengganti sebelum, selama, maupun sesudah menjalani terapi,” ujar dr Dedyanto.

Ia mengatakan, dukungan nutrisi yang tepat akan mengoptimalkan terapi kanker pada pasien. Salah satu pendukung nutrisi bagi pejuang kanker adalah Nutrican produksi Kalbe Farma.



Nutrican dirancang khusus untuk pejuang kanker dan memiliki kandungan penting seperti tinggi kalori, tinggi protein, Omega 3, asam amino esensial, serat pangan, 12 vitamin, dan 8 mineral untuk memenuhi kebutuhan nutrisi pejuang serta penyintas kanker.
(tsa)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2551 seconds (0.1#10.140)