Young Lex Dituding Plagiat, Media Korsel Tunjukkan Kesamaan Video Musik Raja Terakhir dengan Lit Milik Lay EXO

loading...
Young Lex Dituding Plagiat, Media Korsel Tunjukkan Kesamaan Video Musik Raja Terakhir dengan Lit Milik Lay EXO
Tak hanya diduga plagiat, rapper Young Lex juga dituding melontarkan hinaan pada penggemar K-Pop. / Foto: Tangkapan Layar YouTube Young Lex
JAKARTA - Dugaan plagiat yang dilakukan oleh rapper Young Lex menjadi sorotan media Korea Selatan. Koreaboo melaporkan bahwa Young Lex dikecam karena menjiplak video musik Lay EXO .

Baca juga: Video Klip Raja Terakhir Dinilai Jiplak Lay EXO, Young Lex Sebut Otak Micin

Koreaboo pun menunjukkan sejumlah kesamaan yang sulit disangkal. Tak hanya diduga plagiat, rapper 28 tahun itu juga dilaporkan melontarkan hinaan pada penggemar K-Pop .

Adapun video musik yang dimaksud adalah Raja Terakhir (The Last King) yang dirilis Young Lex pada Senin (8/3). Netizen melihat video musik ini sangat mirip dengan video musik milik Lay berjudul Lit.

Lit dirilis musisi berkebangsaan China itu pada Juni 2020. Menurut penggemar, unsur-unsur musiknya, visual, gaya, dan koreografi dalam video musik Young Lex semuanya sangat mirip dengan video musik Lay.





Salah satu kemiripan yang paling jelas antara kedua video musik tersebut adalah adegan di mana naga muncul di belakang gedung.

Naga di dua video musik ini juga memiliki desain yang serupa, dan keduanya menampilkan bulan besar di latar belakang serta penjaga yang memegang bendera di latar depan.

Bahkan pengambilan gambar kedua video musik tersebut hampir identik. Adegan break dance dari video musik Lit juga telah terdapat dalam video musik Young Lex.

Dari skema warna dan motif api hingga cara pergerakan kedua seniman dalam video musik terlihat sama persis. Begitu juga dengan beberapa pakaian dalam video musik memiliki kemiripan satu sama lain.



Kedua pakaian dalam adegan video musik ini memiliki trim perak yang sama, dan penari latar semuanya berpakaian hitam. Selain itu, tarian dilakukan di depan tangga batu di kedua video tersebut.

Kemiripannya tidak berhenti di situ. Penggemar melihat banyak contoh lain dari kemungkinan plagiat dari video musik Raja Terakhir (The Last King), termasuk pakaian yang terlihat pada model wanita serta adegan menampilkan seekor naga.



Penggemar tidak menemukan kredit untuk Lay atau agensinya dalam deskripsi video musik Raja Terakhir (The Last King) yang dirilis untuk mempromosikan game mobile Three Kingdoms: Hero Legendaris.

Baca juga: Ayat Kursi, Satu Ayat Berjuta Manfaat

Sejak melihat kesamaan, penggemar Lay dari seluruh dunia telah meminta Young Lex untuk menghapus video tersebut dan meminta maaf kepada Lay dan penggemarnya. Kalimat "Respect Zhang Yixing" pun menjadi trending 10 besar di Twitter di seluruh dunia dengan lebih dari 75.000 tweet.
(nug)
preload video
TULIS KOMENTAR ANDA!
Top