Hari Musik Nasional, Joox Hadirkan Playlist Lagu '70-an hingga 2010-an

Selasa, 09 Maret 2021 - 23:33 WIB
loading...
Hari Musik Nasional, Joox Hadirkan Playlist Lagu 70-an hingga 2010-an
Penampilan grup musik Padi Reborn.Band Padi populer di awal era 2000-an. Foto/MNC Media
A A A
JAKARTA - Bertepatan dengan Hari Musik Nasional , JOOX bekerja sama dengan salah satu pegiat musik Indonesia, David Tarigan, berbagi informasi dan playlist yang menggambarkan fenomena musik Indonesia di setiap dekade.

Melalui beberapa playlist tersebut, seluruh penikmat musik dapat mengenal dan mengapresiasi keberagaman musik Indonesia dari tahun '70-an hingga 2010. Setiap playlist telah dikurasi berdasarkan pilihan lagu terbaik yang menjadi ikon dan ciri khas musik dari tiap dekade.



David Tarigan mengatakan, banyak peristiwa musik di Indonesia yang terjadi dalam kurun waktu 40 tahun. Tiap dekade ditandai oleh ciri khas dan tonggak sejarah yang dipengaruhi oleh berbagai faktor.

“Mulai dari era baru kebebasan bermusik di masa Orde Baru, munculnya acara pencarian bakat, perkembangan media seperti radio dan TV yang membawa andil besar dalam persebaran musik, hingga kepopuleran platform streaming musik yang semakin membuka luas referensi musik tanah air,” kata David dalam siaran persnya, Selasa (9/3).

Berikut rekomendasi playlist lagu Indonesia dari tahun '70-an hingga 2010-an.

1. Musik pop di tahun 70-an digawangi Koes Plus, Chrisye, Titiek Puspa, dan Ebiet G. Ade

Coba dengarkan lagu “Kolam Susu” dari Koes Plus, “Kupu Kupu Malam” dari Titiek Puspa, “Berita Kepada Kawan” dari Ebiet G. Ade, dan deretan lagu legendaris '70-an lain untuk mengetahui sejarah dan ciri khas musik pada era tersebut.

2. Kejayaan tren musik pop cengeng, pop kreatif, dan pop disko di tahun '80-an

Pada era ini, skema musik Indonesia juga mulai dikenalkan dengan genre rock dan elektro yang akhirnya memunculkan tren musik pop disko, beberapa lagu hits populer dari genre tersebut digawangi oleh Fariz RM dan Godbless.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2021 seconds (0.1#10.140)