Resep Kue Wajik, Jajanan Tradisional yang Cocok buat Bersantai

Rabu, 10 Maret 2021 - 12:00 WIB
loading...
Resep Kue Wajik, Jajanan Tradisional yang Cocok buat Bersantai
Wajik ketan terbuat dari beras ketan yang dikukus kemudian dimasak dengan campuran santan, dan gula hingga berminyak dan terasa lembut. / Foto: ilustrasi/ResepKoki
A A A
JAKARTA - Kue wajik merupakan jajanan khas Indonesia. Selain memiliki sebutan yang berbeda-beda di setiap daerah, terdapat bermacam-macam jenis wajik. Salah satu yang biasa dikenal masyarakat luas adalah wajik yang berasal dari ketan atau wajik ketan.

Baca juga: Menu Hari Ini: Ikan Bawal Goreng Sambal Jeruk Purut

Wajik ketan terbuat dari beras ketan yang dikukus kemudian dimasak dengan campuran santan, dan gula hingga berminyak dan terasa lembut. Gula yang digunakan pada wajik jenis ini biasanya adalah gula merah. Gula merah yang digunakan akan membuat wajik menjadi berwarna coklat muda hingga coklat tua.

Setelah wajik diangkat dari tempat pengolahan, wajik kemudian akan dibentuk atau diiris. Bentuk yang biasa dibuat adalah belah ketupat atau jajar genjang. Bentuk ini biasa disebut bentuk wajik, oleh karena itu kue ini bernama wajik. Kue wajik biasanya juga berbau harum karena dalam pengolahannya menggunakan daun pandan.

Yuk buat kue wajik untuk teman minum teh atau kopi. Berikut resep kue wajib dikutip dari Instagram @masaktv, Rabu (10/3).

Bahan-bahan:
200 g gula merah, disisir⁣
300 g beras ketan putih, di rendam hingga 1 jam⁣
125 ml air⁣
200 ml santan dari 1 butir kelapa⁣
1/2 sdt garam⁣
2 lbr daun pandan⁣

Cara membuat:
1. Kukus beras ketan selama kurang lebih 15 menit hingga mekar, kemudian sisihkan. Rebus air beserta daun pandan hingga mendidih. Kemudian masukkan beras ketan kukus. Setelah itu masak hingga meresap.

2. Kukus beras ketan selama kurang lebih 20 menit hingga 3/4 matang. Setelah itu angkat dan dinginkan. Rebus santan beserta gula merah dan garam hingga larut dan terlihat sedikit kental.

3. Kemudian masukkan ketan kukus, setelah itu masak di atas api takaran kecil sambil aduk-aduk hingga meresap dan terlihat kering. Terakhir, tuang di dalam loyang ukuran 20 x 20 x 4 cm yang telah dialasi daun pisang.

Baca juga: Teddy Pardiyana Belum Kembalikan Aset, Rizky Febian Siap Tempuh Jalur Hukum

4. Kemudian padatkan dan dinginkan. Setelah itu potong-potong sesuai selera dan sajikan.
(nug)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1026 seconds (0.1#10.140)