Menguak Mitos Misteri Gunung Tangkuban Perahu

Rabu, 10 Maret 2021 - 15:29 WIB
loading...
Menguak Mitos Misteri Gunung Tangkuban Perahu
Tangkuban Perahu memiliki pemandangan alam yang menakjubkan, selain itu juga terkenal dengan legenda Sangkuriang. / Foto: ist
A A A
JAKARTA - Tangkuban Perahu memiliki pemandangan alam yang menakjubkan, selain itu juga terkenal dengan legenda Sangkuriang. Misteri Gunung Tangkuban Perahu yang sudah lama terkenal sejak dahulu kala di Jawa Barat.

Baca juga: Alami Hipospadias Kategori Serius, Ini Fakta tentang Aprilia Manganang

RCTI+ mempersembahkan podcast dokumenter yang bertemakan horor dan menonjolkan sisi kebudayaan bertajuk Podcast Konon Katanya yang dapat didengarkan di aplikasi RCTI+.

Dibuka dengan sedikit cerita asal muasal Tangkuban Perahu, dimana itu merupakan tempat dari legenda Sangkuriang. Dibalik kemegahan dan juga berbagai pesona yang dimilikinya, Gunung Tangkuban Perahu seperti layaknya beberapa gunung lain yang ada di tanah air memiliki mitos yang mungkin lebih jauh di luar jangkauan akal sehat.

Mitos yang palin terkenal tentunya adalah legenda terbentuknya Gunung Tangkuban Perahu, dimana Sangkuriang yang ditolak cintanya oleh sang ibu kandung, Dayang Sumbi.

Namun Podcast Konon Katanya tidak mengusik lebih jauh cerita legenda yang dipercaya turun temurun itu, melainkan coba mencari kebenaran tentang mitos-mitos lain yang terkubur bersama kemegahan gunung milik Pasundan ini. Banyak juga masyarakat yang percaya tentang kekuatan gaib yang dimiliki oleh Gunung Tangkuban Perahu.

Seperti salah satu mitos dari sosok wanita misterius yang kehilangan selendangnya di sekitar kawah gunung tangkuban perahu. Wanita yang dimaksud itu bukan sosok wanita biasa melainkan sosok makhluk astral yang sedang menampakkan dirinya kepada mereka yang sedang datang ke kawah.

Seperti pengakuan dari salah seorang pendaki gunung yang pernah diminta tolong sang wanita astral untuk mencarikan selendangnya tersebut, ketika selendang sudah ditemukan sang wanita justru menghilang secara misterius. Melalui pengakuan tersebut, kini mitos tersebut beredar dari mulut ke mulut dan diyakini kebenarannya oleh sebagian masyarakat sampai dengan saat ini.

Baca juga: Emak-Emak Zaman Now Ternyata Masih Banyak yang Bingung Cara Menyusui

Bukan hanya mitos tentang wanita pencari selendang tersebut, melainkan ada pula mitos manusia berpakaian hitam di sekitaran Gunung Tangkuban Perahu, penasaran dengan mitos tersebut? Langsung dengarkan selengkapnya eksklusif di aplikasi RCTI+ atau bisa langsung klik link berikut ini: http://radio.rctiplus.com/player-music?contentType=podcast&contentId=3533.
(nug)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1880 seconds (0.1#10.140)