Alami Hipospadias Kategori Serius, Ini Fakta tentang Aprilia Manganang

Rabu, 10 Maret 2021 - 12:48 WIB
loading...
Alami Hipospadias Kategori Serius, Ini Fakta tentang Aprilia Manganang
Kelainan yang dialami sejak lahir ini tidak diketahui keluarga Aprilia Manganang lantaran merupakan keluarga kurang mampu. / Foto: Instagram @manganang92
A A A
JAKARTA - Aprilia Manganang diketahui mengidap hipospadias. Berdasarkan hasil pemeriksaan, prajurit Korps Wanita TNI Angkatan Darat (Kowad), Sersan Dua (Serda) TNI sekaligus mantan atlet voli nasional itu adalah seorang laki-laki.

Baca juga: Ini Faktor Risiko Hipospadias seperti Diidap Aprilia Manganang

Hal tersebut diungkapkan Kepala Staf TNI Angkatan Darat, Jenderal TNI Andika Perkasa . Andika menjelaskan, kelainan yang dialami sejak lahir ini tidak diketahui keluarga Aprilia lantaran merupakan keluarga kurang mampu.

Ayah Aprilia, bernama Akib Manganang bekerja sebagai buruh perkebunan. Sementara ibunya bernama Suryati seorang asisten rumah tangga. Dari segi pendidikan, Akib hanya lulusan Sekolah Dasar (SD) dan Suryati tidak lulus SD.

"Kebetulan ayah dari anak ini yang bernama bapak Akib Manganang pekerjaannya adalah buruh perkebunan. Kebetulan ibunya yang bernama ibu Suryati juga pekerjaannya waktu itu sebagai asisten rumah tangga," ungkap Andika seperti dikutip dari Youtube Official iNews, Rabu (10/3).

"Kemudian ayah dari anak ini, bapak Akib pendidikannya hanya lulus sekolah dasar. Kemudian ibu dari anak ini kebetulan tidak menyelesaikan sekolah dasarnya," lanjutnya.

Saat melahirkan Aprilia pada 27 April 1992, Suryati hanya dibantu paramedis. Minimnya pengetahuan dikatakan Andika membuat Aprilia tidak diketahui mengalami hipospadias . Kala itu, berdasarkan melihat secara fisik, paramedis dan orangtua Aprilia mengira melahirkan anak perempuan.

"Jadi pada saat dilahirkan anak ini yang membantu persalinan adalah paramedis di rumahnya sehingga yang terjadi kemudian karena anak ini lahir dengan kelainan sistem reproduksinya," kata Andika.

"Inilah yang kemungkinan yang membuat paramedis dan orang tua saat kelahiran anak ini melihat hanya secara fisik bahwa anak yang dilahirkan anak perempuan," sambungnya.

Menukil Mayo Clinic, hipospadias merupakan cacat lahir (kondisi bawaan) di mana pembukaan uretra berada di bagian bawah penis bukan di ujung. Uretra adalah saluran di mana urin mengalir dari kandung kemih dan keluar dari tubuh.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1173 seconds (0.1#10.140)