Tampil Beda, Podcast Kosakata Ajak Masyarakat Membangun Ingatan

Kamis, 18 Maret 2021 - 03:32 WIB
loading...
Tampil Beda, Podcast Kosakata Ajak Masyarakat Membangun Ingatan
Podcast Kosakata tidak menyasar segmen tertentu, tidak harus yang konsern pada diskusi ilmiah atau para milenial. / Foto: ist
A A A
JAKARTA - Program dengan format podcast belakangan ini makin menjamur, baik itu melalui YouTube maupun saluran lainnya. Banyak hal yang diangkat, mulai dari yang bertema santai hingga serius. Tak jarang, guna menarik pemirsanya, dihadirkan sisi-sisi kontroversial.

Baca juga: Perankan Gadis Cupu dalam Debut Aktingnya, Begini Komentar Ghea Idol

Berupaya menyuguhkan alternatif tontonan yang punya nilai edukasi , aktivis dan mantan anggota Dewan Perwakilan Daerah asal Sulawesi Tengah, M Ichsan Loulembah meluncurkan podcast bertajuk Kosakata.

Dalam podcast-nya, Ichsan enggan memburu sisi kontroversial. "Biarkan saja mengalir apa adanya. Biar pemirsa banyak pilihan. Tema besarnya podcast ini sebagai sebuah refleksi dan membangun ingatan," ujar Ichsan di Jakarta, baru-baru ini.

Menurut Ichsan, dipilihnya nama Kosakata karena sebagai sebuah cerminan dari tokoh yang berbicara adalah orang yang punya wawasan dan kosakata yang layak disimak. "Indonesia punya banyak tokoh wise. Para senior yang jam terbangnya sudah lebihmenarik untuk disimak. Walaupun tidak tertutup kemungkinan yang muda-muda juga punya banyak hal menarik juga yang bisa disimak," terangnya.

Lebih lanjut, Ichsan menuturkan bahwa sukses atau tidaknya sebuah konten akan datang dari publik. Ichsan pun tidak menyasar segmen tertentu, tidak harus yang konsern pada diskusi ilmiah atau para milenial. "Publik bebas memilih, nanti diuji sendiri oleh market," imbuhnya.

Podcast Kosakata memang terlihat cukup santai, meskipun begitu Ichsan tidak melupakan proses kreativitas dan perencanaan yang terstruktur dalam merancang dan membuat podcast ini.

"Ada sejumlah anak muda yang mendukung saya di balik podcast ini. Mereka menyiapkan hal teknis, melakukan riset dan sejumlah hal lain terkait podcast ini. Salah satunya mas Yana Aditya, yunior saya di HMI yang jadi produser eksekutif di podcast ini," jelas Ichsan, yang juga pegiat jurnalistik.

Pada episode perdananya, yang tayang awal pekan kemarin, Kosakata menghadirkan mantan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara (PAN), mantan Menteri Kehutanan dan Lingkungan Hidup (KLH) yang juga mantan Sekjen Partai Golkar, Sarwono Kusumaatmadja.

Baca juga: Halo Ibu-Ibu Muda, Ini Lho Aturan Makan, Tidur dan Aktivitas Anak Menurut Ahli
https://lifestyle.sindonews.com/read/367022/166/halo-ibu-ibu-muda-ini-lho-aturan-makan-tidur-dan-aktivitas-anak-menurut-ahli-1615953813

"Setiap narasumber akan kita bagi penayangannya per 20 menit tiap Senin-Rabu dan akan tayang utuh setiap Kamis," ujar Ichsan. "Semoga konten ini bisa menggigit dan bisa juga menjadi referensi bagi penonton pada umumnya dan podcast Kosakata khususnya."
(nug)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1756 seconds (0.1#10.140)