JaFest 2021 Langkah Nyata Pemulihan Sektor Parekraf

Minggu, 21 Maret 2021 - 00:20 WIB
loading...
JaFest 2021 Langkah Nyata Pemulihan Sektor Parekraf
Acara yang juga bekerjasama dengan Pemerintah Provinsi Jawa Barat ini bertujuan untuk mengembalikan gairah ekonomi di pandemi Covid-19. / Foto: Putra Ramadhani Astyawan
A A A
BOGOR - Ikatan alumni empat universitas ternama di Jawa Barat bersama Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif menggelar soft opening Jabar Cultuter dan Tourism Festival ( JaFest ) 2021 di Balai Kota Bogor. Acara yang juga bekerjasama dengan Pemerintah Provinsi Jawa Barat ini bertujuan untuk mengembalikan gairah ekonomi di pandemi Covid-19.

Baca juga: Krisdayanti Jinjing Tas Senilai Rp190 Juta saat ke Pengajian Aurel

"Pandemi ini sudah setahun lebih, ekonomi terpuruk dan yang lebih terkena dampaknya itu adalah UMKM ," kata Ketua Ikatan Alumni Universitas Padjajaran (IKA Unpad), Irawati Hermawan di lokasi, Sabtu (20/3).

Dia mengajak para pelaku UMKM untuk berpartisipasi dalam event ini. Bagaimanapun, Indonesia memiliki banyak kebudayaan dan pariwisata yang diharapkan pemulihan ekonomi didukung dengan kekuatan budaya, pariwisata serta ekonomi kreatif.

"Kami mengundang pelaku UMKM, ekonomi kreatif sektor wisata untuk bergabung menampilkan produk mereka diperdagangkan Expo JavFest. Mudah-mudahan pandemi ini segera berakhir, kita ingin ekonomi bangkit dari pelaku UMKM," ungkapnya.

Sementara itu, Wali Kota Bogor, Bima Arya Sugiarto sebagai salah satu daerah di Jawa Barat yang mendukung JaFest 2021 mengaku event ini merupakan langkah nyata kolaborasi dari berbagai pihak untuk memulihkan sektor ekonomi.

"Ini wujud kongkret dari kolaborasi, kalau selalu saya bilang saat ini semua tidK bisa sendiri dan ini contohnya. Empat kampus besar di sini hadir ketua alumninya semua melakukan gerakan yang nyata untuk menggalang program-program yang ujungnya untuk pemulihan ekonomi," ucap Bima.

Bima menambahkan, Kota Bogor akan mendukung penuh dan memaksimalkan potensi yang ada untuk membantu memulihkan ekonomi khususnya di sektor pariwisata dan ekonomi kreatif. Juga akan disesuaikan dengan program lainnya di Kota Bogor.

"Kota Bogor sendiri kita ingin sinkronkan dengan kegiatan atau program kita dan tentunya jaringan alumni yang dahsyat ini targetnya ke sana. Ini bentuk nyata sinergi, kolaborasi para alumni yang tersebar. Pentahelix nya itu ada disini, alumni ini kan ada pemerintah, usaha, ada media, ada yang menggalang komunitas jadi ini sinergi yang dahysat," ungkapnya.

Terpisah, Wakil Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Wamenparekraf) Angela Tanoesoedibjo secara virtual menyatakan juga sangat mendukung JaFest 2021. Karena, event ini dalam rangka upaya pemulihan ekonomi ekonomi dibalut kearifan lokal.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1127 seconds (0.1#10.140)