5 Tanda Anak Anda Alami Gangguan Kesehatan Mental

Minggu, 21 Maret 2021 - 18:31 WIB
loading...
A A A
Anak-anak kadang-kadang tidak patuh atau menunjukkan amukan ketika Anda meminta mereka melakukan sesuatu yang tidak diinginkan. Namun, jika itu menjadi hal yang biasa dan Anda menyaksikan perubahan perilaku mereka yang drastis, itu tidak normal.

Cobalah untuk menemukan akar penyebabnya atau cari bantuan profesional. Anda bahkan dapat meminta anggota keluarga lain yang dekat dengan anak tersebut untuk berbicara dengan mereka.

4. Perubahan Nilai dan Prestasi di Sekolah

Jika anak Anda konsisten dengan nilai tetapi akhir-akhir ini Anda melihat penurunan kinerja mereka, jangan anggap enteng. Tidak memperhatikan kelas, tidak mengikuti kegiatan ekstrakurikuler, dan membolos bisa menjadi tanda stres atau depresi.

Bicaralah dengan anak Anda tentang hal itu dan cobalah untuk mengetahui apa yang mengganggu mereka. Bisa jadi sesuatu yang terjadi di sekolah atau beberapa kejadian yang terjadi di rumah merupakan penyebabnya. Mengatasi hal tersebut penting bagi anak Anda.



5. Hilang Nafsu Makan atau Perubahan Berat Badan

Setiap perubahan drastis pada berat badan atau hilangnya nafsu makan bisa menjadi tanda depresi. Istilah depresi diartikan sebagai perasaan sedih, tersesat, atau hampa setidaknya selama dua minggu. Hal tersebut dapat mengganggu aktivitas sehari-hari.

Depresi dan nafsu makan dikendalikan oleh bagian otak yang sama. Hal ini dapat menyebabkan nafsu makan yang buruk, dan akhirnya menurunkan berat badan. Mencari terapi perilaku pada waktu yang tepat dapat membantu mengatasi masalah ini.
(tsa)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1792 seconds (0.1#10.140)