Captain Vincent Raditya Jelaskan Terkait Kondisi Upset Pesawat dan Cara Mengatasinya

Selasa, 23 Maret 2021 - 08:50 WIB
loading...
Captain Vincent Raditya Jelaskan Terkait Kondisi Upset Pesawat dan Cara Mengatasinya
Captain Vincent Raditya Jelaskan Terkait Kondisi Upset Pesawat dan Cara Mengatasinya. Foto/MNC Media.
A A A
JAKARTA - Upset merupakan keadaan abnormal pesawat yang dapat menyebabkan kondisi berbahaya. Karena banyak yang penasaran, warganet meminta penjelasan mengenai upset dan cara mengatasinya kepada Captain VincentRaditya .

Captain Vincent Raditya merupakan pilot asal Indonesia yang sering mengunggah video tentang informasi dan edukasi tentang pesawat. Karena banyaknya permintaan, Captain Vincent menjelaskan apa itu upset dan juga upset recovery.

Upset didefinisikan ketika pesawat dengan tidak sengaja melewati kriteria seperti pitch attitude lebih dari 24 derajat nose up (hidung pesawat menghadap naik), pitch attitude lebih dari 10 derajat nose down (hidung pesawat menghadap bawah), bank angle (sudut kemiringan) lebih dari 45 derajat, mungkin kurang dari parameter di atas tapi terbang dengan kecepatan yang kurang pantas untuk kondisi tersebut.



Kriteria tersebut didapat dari Quick Reference Handbook Boeing 737 yang pada umumnya ada pada setiap pesawat. Buku ini digunakan ketika pesawat masuk dalam situasi abnormal ataupun emergency, untuk mengatasi kerusakan sistem, dan juga dapat mengukur bagaimana kemampuan performance pesawat.

Selain menjelaskan tentang upset, Captain Vincent juga mensimulasikan cara recovery situasi upset ini di flight simulator Boeing 737. Tujuan dari video Captain Vincent yaitu untuk memberikan informasi dan edukasi untuk orang-orang yang penasaran mengenai apa itu upset dan bagaimana pilot diajarkan untuk recover dalam kondisi upset.



Yuk tonton lebih lengkap penjelasan dan simulasi upset recovery di YouTube channel Vincent Raditya.

(dra)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2260 seconds (0.1#10.140)