Unik, Bahasa Ngapak Banyak Penggemarnya

Selasa, 23 Maret 2021 - 13:10 WIB
loading...
Unik, Bahasa Ngapak Banyak Penggemarnya
Unik, Bahasa Ngapak Banyak Penggemarnya. Foto/MNC Media.
A A A
JAKARTA - Bahasa Ngapak terdengar tidak seperti bahasa Jawa pada umumnya sehingga logat ini terkenal unik.

Kalimat terkenal bahasa Ngapak yaitu "Ora ngapak ora kepenak" yang berarti kalau tidak ngomong dengan bahasa Ngapak, jadi tidak enak.

Bahasa Ngapak disorot di media sosial setelah seorang youtuber sering mengunggah video pendek menggunakan bahasa Ngapak.

Dede Kustiawan atau Dede adalah youtuber asal Kebumen yang memiliki lebih dari 1 juta subscriber di YouTube. Dede membuat video-video pendek berawal dari iseng, namun ternyata banyak yang suka dengan video-videonya ini.



Dede sering membuat film pendek dengan dialek Banyumasan atau yang sering disebut bahasa Ngapak. Bahasa Jawa ini umumnya digunakan oleh masyarakat wilayah barat Jawa Tengah, Banten Utara, sampai daerah Cirebon-Indramayu.

Pada 18 Maret, Dede mengunggah video berjudul “Seru Banget! Jalan-jalan ke Klaten” yang berisi video tentang proses syuting film pendek Cingire di Klaten, Jawa tengah. Dalam video unggahan-nya, terlihat proses syuting film yang sederhana namun tetap seru dan berkesan.

Dalam deskripsi video-video YouTube-nya, Dede sering menulis “Hargai karya anak bangsa, apa maning karya bocaeh dewek” yang berarti “Hargai karya anak bangsa, apa lagi karya anaknya sendiri”.



Yuk tonton keseruan Dede Kustiawan dengan logat Ngapak-nya.

https://business.facebook.com/dedekust/videos/950785795659512/?v=950785795659512
(dra)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1954 seconds (0.1#10.140)