alexametrics

Sneakers Michael Jordan Cetak Rekor Lelang Tertinggi

loading...
Sneakers Michael Jordan Cetak Rekor Lelang Tertinggi
Air Jordan didesain perdana khusus untuk Michael Jordan pada 1985 dan menjadi sepatu sneakers bertanda tangan pertama di dunia. Foto/Sothebys
A+ A-
JAKARTA - Sepatu sneakers yang pernah dipakai legenda basket NBA Michael Jordan, Air Jordan 1, memecahkan rekor penjualan tertinggi di rumah lelang Sotheby’s. Sepatu itu laku terjual USD560.000 atau sekitar Rp8 miliar lebih.

Air Jordan 1 besutan Nike pertama kali didesain khusus untuk Michael Jordan pada 1985. Sepatu itu menjadi sneakers pertama di dunia yang dibubuhi tanda tangan. Lelang atas sepatu tersebut dilakukan sejak 8 Mei lalu dengan harga pembukaan USD100.000-USD150.000.

Reuters melaporkan, rekor penjualan sepatu tertinggi di Sotheby’s awalnya dipegang oleh sepatu lari Nike produksi tahun 1972 yang diberi tajuk "Moon Shoe". Sepatu ini dilelang tahun lalu dengan raihan harga sebesar USD437.500. (Baca Juga: Peringati 35 Tahun Air Jordan, Sepatu Michael Jordan Itu Dilelang)



"Kami melihat penawaran yang sangat tinggi hingga akhir masa lelang dengan nilai yang bahkan meningkat dua kali lipat pada satu jam sebelum lelang ditutup," kata Brahm Wachter, Direktur Pengembangan E-Commerce Sotheby’s.

Menurut Wachter, lelang atas sepasang sepatu Air Jordan 1 diikuti oleh beberapa kolektor dari enam negara di empat benua.

Seperti sepatu basket Michael Jordan yang lain, Air Jordan 1 juga memiliki ukuran berbeda. Sebelah kiri berukuran 13, sementara yang kanan 13,5.

Lelang ini digelar untuk merayakan 35 tahun lahirnya brand Air Jordan serta penayangan perdana film dokumenter 10 episode berjudul “The Last Dance” yang disiarkan ESPN. Film dokumenter tersebut berkisah tentang Chicago Bulls dan Jordan. Dua episode terakhir "The Last Dance" bakal ditayangkan pada Minggu mendatang.

Sepatu Air Jordan 1 dijual oleh kolektornya, yaitu Jordan Geller, pendiri museum sneakers Shoezeum yang berlokasi di Las Vegas. (Baca Juga: Vans Segera Rilis Koleksi Mules Terbaru)
(tsa)
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak