Cari Tahu Mitos Kesucian Air Danau Ranu Kumbolo yang Sangat Dijaga

loading...
Cari Tahu Mitos Kesucian Air Danau Ranu Kumbolo yang Sangat Dijaga
Mitos Kesucian Air Danau Ranu Kumbolo. Foto/MNC Media.
JAKARTA - Taman Nasional Bromo Tengger Semeru yang lokasinya berada di kawasan Bromo, Jawa Timur juga memiliki situs yang terkenal dengan mitos yaitu danau yang terkenal dengan air suci, Danau Ranu Kumbolo. Dibalik tampilan luarnya sangat indah dan memiliki pesona yang menawan, lokasi tersebut ternyata menyimpan banyak misteri. Sampai saat ini nilai-nilai suci dalam dana tersebut masih sangat diyakini.

Karena diyakini sebagai danau yang dengan airnya yang sangat suci, membuat danau seluas 8 hektar ini seringkali dijadikan lokasi untuk melakukan beberapa ritual sakral. Bahkan masyarakat setempat pun dilarang untuk melakukan kegiatan yang sewajarnya seperti danau-danau yang lainnya. Lalu apa sebenarnya yang membuat danau ini begitu penuh dengan misteri?

Baca Juga : Bertrand Antolin Minta Masyarakat Tak Terprovokasi dengan Bom Bunuh Diri di Depan Gereja Katedral Makassar

Ada sebuah prasasti juga yang ditemukan di tepian danau yang menceritakan tentang perjalanan suci dari Prabu Kamesywara pada tahun 1182M untuk menemukan sumber air suci. Itulah mengapa keberadaan danau Ranu Kumbolo masih dianggap sangat memiliki nilai-nilai suci. Selain tidak boleh mandi dan mencuci, para wisatawan yang datang berkunjung dan mendirikan tenda juga harus berada di radius 10 meter dari mulut danau tersebut hal tersebut dilakukan untuk menjaga kesucian dari air danau tersebut.



Banyak mitos lainnya yang masih sering terjadi di tengah masyarakat dan layak untuk diceritakan, penasaran? Dengarkan selengkapnya Podcast Konon Katanya eksklusif di Radio+ aplikasi RCTI+ atau bisa langsung klik link berikut ini: http://radio.rctiplus.com/player-music?contentType=podcast&contentId=3552

Baca Juga : Keberadaan Mikhavita Wijaya di Acara Ulang Tahun Cucu Hotma Sitompul Jadi Sorotan
(dra)
preload video
TULIS KOMENTAR ANDA!
Top