Membuat Patung Berbahan Semen, Ini Tahapannya

Senin, 29 Maret 2021 - 15:45 WIB
loading...
Membuat Patung Berbahan Semen, Ini Tahapannya
Semen Dynamix dengan Micro Filler Particle, butiran mineral yang halus mampu mengisi rongga dengan sempurna, memberikan kekuatan dari dalam, sehingga hasil kuat dan memiliki permukaan yang halus.
A A A
Patung merupakan karya seni rupa tiga dimensi, karena ia memiliki volume, yaitu ukuran panjang, lebar, tinggi yang dapat dijamah dan dilihat dari segala arah. Patung dapat dibuat dengan bahan bahan lunak (tanah liat, gypsum, dan lilin) atau bahan keras (kayu,batu, dan logam).

Jangan lupa, patung juga bisa dibuat dengan semen. Ada tiga cara untuk membuat patung dari semen. Patung semen bisa dibuat dengan cara menyiapkan cetakan semen, mengukir semen, atau menggunakan kawat jaring. Ketiga metode mematung ini bisa menghasilkan patung semen yang bagus.

Berikut beberapa langkah membuat patung menggunakan bahan semen:

1 Memilih cetakan. Sebelum memilih cetakan tentu saja Anda diasumsikan sudah memiliki desain atau rancangan tertentu untuk patung yang akan dibuat.

2 Aduklah semen setelah cetakan patung disiapkan terlebih dahulu. Untuk cetakannya pilih sesuai kebutuhan, disarankan dari bahan plastik, atau sterofoam, atau Anda bisa membelinya yang sudah tinggal pakai dari toko perangkat keras.

3 Aduk campuran semen dan air di dalam ember besar atau gerobak sorong. Ukur jumlah air, misalnya satu sak seberat 35 kilogram biasanya membutuhkan air sekitar 3 liter. Tambahkan sekitar ? air ke dalam campuran semen.

4 Sisihkan 0,5 liter (dua gelas) semen. Bagian ini bisa ditambahkan ke dalam adukan apabila terlalu encer. Bagian ini Anda bisa baca instruksi pengadukan pada sak untuk memastikan rasio air dan campuran semennya tepat.

5 Aduk semen. Gunakan alat pengaduk semen, cangkul, atau mata bor untuk mengaduk. Tambahkan air yang sudah disiapkan sampai konsistensi adukan jadi sekental havermut. Semen yang basah harus bisa mempertahankan bentuknya saat diremas dengan tangan. Ingat, adonan semen yang terlalu encer memang mudah dituangkan, tetapi tidak akan awet dan lebih mudah pecah saat mengering.

6 Tambahkan air ke dalam adukan kalau konsistensinya masih keras dan bergumpal. Masukkan semen ke dalam cetakan. Tuangkan campuran semen ke dalam cetakan dengan hati-hati sampai penuh. Gunakan sendok semen untuk menghaluskan permukaannya. Anda bisa mengoleskan sedikit oli mesin ke dinding cetakan sebelum menuangkan semen agar bisa dibuka dengan mudah tanpa merusak patung.

7 Buka cetakan. Setelah semen benar-benar kering, buka cetakan. Sebagian besar cetakan bisa dibuka setelah satu hari. Kadang-kadang patung bisa dibuka dan cetakannya masih tetap utuh. Kadang-kadang cetakan harus dibongkar untuk mengeluarkan patung dari dalamnya.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1140 seconds (0.1#10.140)