Bagaimana Cara Mengetahui dan Mengatasi Sembelit pada Anak?

Selasa, 30 Maret 2021 - 23:32 WIB
loading...
Bagaimana Cara Mengetahui dan Mengatasi Sembelit pada Anak?
Anak-anak relatif belum mampu untuk menjelaskan kepada orang tua ketika mengalami sembelit, sehingga orang tua pelu memberikan perhatian khusus kepada mereka. / Foto: ilustrasi/ist
A A A
JAKARTA - Air mineral memiliki peranan penting bagi tubuh manusia. Manfaat air mineral salah satunya adalah untuk melancarkan kinerja organ-organ tubuh agar berfungsi optimal. Le Minerale mengedukasi pesan kesehatan tersebut dalam sebuah talkshow webinar edukatif dengan narasumber dokter spesialis anak, dr. Wulan Patricia Telew, Sp. A, bersama mom influencer, Anissa Aziza.

Baca juga: Sering Dihujat, Glenca Chysara Malah Sukses

Webinar ini digelar untuk mengajak orang tua menyadari pentingnya konsumsi air mineral bagi kesehatan anak. Seperti yang kita tahu, salah satu efek yang disebabkan dari kurangnya mengonsumsi air mineral adalah sembelit. Sembelit merupakan gangguan kesehatan yang seringkali dialami oleh setiap orang, baik dewasa maupun anak-anak (bayi atau balita) karena kurangnya mengonsumsi makanan berserat dan air mineral.

Hal tersebut menyebabkan kinerja organ pencernaan menjadi terganggu. Sayangnya, anak-anak relatif belum mampu untuk menjelaskan kepada orang tua ketika mengalami sembelit . Perlu perhatian khusus bagi para orang tua untuk memperhatikan gerak-gerik buah hatinya.

Dalam Webinar bertajuk Mengetahui dan Mengatasi Sembelit pada Anak kali ini, para orang tua diajak berdiskusi sekaligus mendengarkan pengalaman langsung yang dibagikan para narasumber yang kompeten di bidangnya.

dr. Wulan Patricia Telew, Sp. A menjelaskan tanda-tanda yang dapat mengindikasikan bahwa anak terkena sembelit. "Sebagai orang tua, kita harus selalu memperhatikan perbedaan yang terjadi pada anak kita. Ketika anak sembelit, ada perubahan perilaku yang umumnya ditunjukkan. Misalnya seperti anak merasa sakit atau nyeri saat BAB sehingga sering menunda ke kamar mandi, mereka juga bisa kelihatan meringis atau menyilangkan kaki seperti sedang menahan sesuatu, nafsu makan pun menjadi buruk, dan perut jadi kembung. Tinjanya pun keras dan ukurannya bisa sangat besar atau kecil," paparnya.

"Ketika kita melihat si kecil menunjukkan gejala sembelit, kita tidak perlu panik karena sembelit dapat diatasi dengan memberikan cairan khusus atau obat pelunak tinja. Namun penting bagi orangtua melakukan tindakan pencegahan, yaitu dengan melakukan pijatan di daerah perut, melakukan ragam aktivitas serta melakukan toilet training, memperhatikan pola makan anak yang memiliki kandungan serat tinggi, dan yang terpenting adalah memperhatikan kecukupan asupan cairan dengan memenuhi kecukupan air mineral si kecil," jelasnya.

Memiliki buah hati tentu memberikan pengalaman berkesan bagi para orang tua. Banyaknya tantangan yang dihadapi selama masa pertumbuhan anak justru dapat mengembangkan pola asuh yang unik dan berbeda terutama pada peristiwa tertentu. Hal inilah yang dibagikan pula oleh Anissa Aziza, yang beberapa waktu lalu melahirkan anak keduanya.

"Sembelit itu susah-susah gampang ya atasinnya. Soalnya waktu anak kena sembelit itu jadi gampang rewel, apalagi anak-anak kan belum bisa ngomong apa yang mereka rasain. Tapi setelah belajar dari pengalaman anak pertama, aku selalu ambil langkah preventif dengan pastikan pola makan sehat buat anak-anak dan memberi asupan air minum yang cukup," ungkapnya.

"Sebagai orang tua, aku dan Bang Radit selalu biasakan anak-anak aktif bergerak, rajin makan buah-buahan, sayur-sayuran, dan yang paling penting itu rutin konsumsi air mineral supaya asupan cairannya cukup sehingga BAB lancar. Jadi, aku setuju banget sih sama penjelasan dokter tadi," cerita Anissa.

Baca juga: Usai Beli Cilegon United, Raffi Ahmad Ajak Hamka Hamzah Kelola SSB

Sementara itu, webinar yang digagas Le Minerale ini dipandu Ivy Batuta sebagai moderator dan menggandeng salah satu portal moms and baby sebagai fasilitator. Merupakan tanggung jawab orang tua untuk memilih dan memberikan produk-produk terbaik bagi kesehatan pada masa tumbuh kembang anak.
(nug)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1286 seconds (0.1#10.140)