Sektor Pariwisata Menjadi Tonggak Pemulihan Ekonomi yang Terdampak Pandemi COVID-19

Kamis, 01 April 2021 - 21:10 WIB
loading...
Sektor Pariwisata Menjadi Tonggak Pemulihan Ekonomi yang Terdampak Pandemi COVID-19
Sektor wisata diharapkan bisa menjadi triger bagi pemulihan ekonomi dan bangkitnya roda perekonomian masyarakat di KBB yang sempat terpuruk akibat pandemi COVID-19. Foto/Dok.MPI
A A A
BANDUNG - Pemda Kabupaten Bandung Barat (KBB) memfokuskan rencana kerja pemerintah daerah (RKPD) untuk tahun 2022 pada pemulihan ekonomi dampak dari pandemi COVID-19 .

Hal tersebut dirumuskan dan menjadi salah satu isu strategis yang disampaikan dalam musyawarah rencana pembangunan (Musrenbang) tingkat kabupaten yang digelar Pemda KBB.

Wakil Bupati Bandung Barat Hengki Kurniawan mengatakan, sektor pariwisata menjadi tonggak pemulihan ekonomi dampak dari pandemi COVID-19. Pariwisata dinilai sebagai jalan masuk bagi peningkatan pendapatan asli daerah (PAD) Pemda KBB.

"Sektor pariwisata harus jadi entry point PAD di KBB. Saya juga sudah banyak berkomunikasi dengan Pak Kadisparbud Jawa Barat terkait pengembangan wisata di sini," ucapnya, Kamis (1/4/2021).

Baca Juga : Gritte Agatha Menginap dalam Balon Tepat di Pinggir Persawahan Yogyakarta, Seru Banget!

Melalui sektor pariwisata, Hengki berharap, perekonomian di KBB yang ikut terpukul oleh pandemi COVID-19 bisa segera pulih. Dengan demikian, program pembangunan bisa berjalan sesuai dengan apa yang telah direncanakan dalam Musrembang.

"Harapannya sektor pariwisata sebagai penghasil PAD terbesar di KBB bisa kembali bangkit, bisa menopang ekonomi lainnya," tuturnya.

Sekretaris Daerah KBB Asep Sodikin menambahkan, sektor pariwisata tidak hanya dapat meningkatkan PAD, tetapi juga peningkatan ekonomi masyarakat. Pasalnya, sektor pariwisata membawa efek bagi sektor lain di antaranya sektor pertanian.

"Pariwisata memiliki banyak multiplier effect. Seperti di bisnis perhotelan. Itu ada restoran, sayur di Bandung Barat banyak dimanfaatkan. Jadi kalau hotel jalan, banyak dampak lain yang ditimbulkan," kata dia. adi haryanto.

Baca Juga : Rayakan Paskah bareng Keluarga sambil Nikmati Kenyamanan di Oakwood Hotel & Residence Surabaya
(wur)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2635 seconds (0.1#10.140)