Kemenparekraf Gelar Kharisma Event Nusantara Untuk Dorong Perkembangan Sektor Wisata

Minggu, 11 April 2021 - 14:44 WIB
loading...
Kemenparekraf Gelar Kharisma Event Nusantara Untuk Dorong Perkembangan Sektor Wisata
Menparekraf Sandiaga Uno dan Chairman MNC Group Hary Tanoesoedibjo hadir di peluncuran Kharisma Event Nusantara. Foto/Dimas Andhika Fikri
A A A
JAKARTA - Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif menggelar konser bertajuk Kharisma Event Nusantara yang digelar semalam di Studio RCTI+ MNC Studios Jakarta. Acara ini untuk mendorong pengembangan sektor pariwisata dan ekonomi kreatif di Indonesia agar membantu roda perekonomian negara.

Acara yang disiarkan secara live di GTV ini merupakan puncak dari rangkaian kegiatan yang sudah dilakukan di beberapa kota di Indonesia. Dalam menggelar event atau festival di tengah pandemi, Menparekraf mengimbau harus dilakukan dengan penerapan protokol kesehatan yang ketat dan disiplin.

"Hal ini merupakan salah satu adaptasi terhadap penyelenggaraan event di seluruh provinsi Indonesia yang akan kita lakukan di tahun 2021 dengan bingkai protokol kesehatan yang ketat dan disiplin,” ujar Menparekraf Sandiaga Uno.

Baca Juga : Geliat Wisata Ujung Aspal yang Tak Beraspal di Purwakarta

Melalui Kharisma Event Nusantara, Menparekraf Sandiaga Uno juga ingin menyampaikan sebuah pesan khusus kepada pelaku sektor parekraf, bahwa penyelenggaraan event selama mematuhi protokol kesehatan CHSE (Cleanliness, Health, Safety, Environmental and Sustainability) dapat menghadirkan kembali geliat ekonomi dan membuka lapangan pekerjaan seluas-luasnya.

Bahkan, meski perhelatan ini selesai digelar, pihaknya akan terus memberikan pendampingan kepada penyelenggara event di seluruh pelosok Nusantara.

"Ada 34 juta lebih masyarakat yang tergabung di sektor parekraf. Saya ingin kharisma event ini menjadi pesan yang sangat jelas bahwa pemerintah sudah memulai. Sekarang tinggal dunia usaha, masyarakat, komunitas, institusi pendidikan, dan media untuk ikut mensosialisasikan," terang Sandiaga Uno.

"Silakan menyelenggarakan event dengan tentunya terus bersinergi bersama pemangku kepentingan yang lain, dan selalu mematuhi protokol kesehatan yang ketat," imbuhnya.

Acara yang dipandu oleh Vincent dan Desta ini, dimulai dengan penampilan para bintang tamu; Titi DJ, RAN, dan juga Rini Wulandari yang menyanyikan lagu 'Kharisma Indonesia'. Acara berlangsung dengan meriah walaupun digelar di tengah pandemi.

Baca Juga : 6 Alasan Anda Harus Rasakan Buka Puasa bersama Keluarga di Hotel Lido Lake Resort Bogor

"Saya sangat optimis dengan masa depan industri pariwisata karena, Indonesia itu memiliki kekayaan alam yang sangat indah. Dengan adanya Kharisma Event Nusantara ini dapat memberikan sebuah harapan bagi para pelaku industri ekonomi kreatif bahwa industri ini akan bangkit kembali," ujar Chairman MNC Group Hary Tanoesoedibjo .

Pada waktu yg sama Hary juga berpesan bahwa "Kesempatan ada di berbagai situasi, situasi baik maupun situasi yg kurang baik. Jadi kesimpulannya kita harus dapat mampu terus beradaptasi," ungkap Hary Tanoesoedibjo.

Dengan digelarnya Kharisma Event Nusantara, diharapkan roda perekonomian dari sektor industri pariwisata dan ekonomi kreatif dapat kembali berjalan sebagaimana mestinya. Dan dapat menjadi pintu gerbang untuk sektor-sektor lain sehingga, perekonomian Indonesia akan kembali bangkit di tengah pandemi.
(wur)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1156 seconds (0.1#10.140)