Puasa Makin Afdol, Ini Tips Bebas Konflik dengan Pasangan Selama Ramadhan

Selasa, 13 April 2021 - 22:01 WIB
loading...
Puasa Makin Afdol, Ini Tips Bebas Konflik dengan Pasangan Selama Ramadhan
Foto Ilustrasi/Freepik
A A A
JAKARTA - Ramadhan kerap menjadi bulan yang sibuk bagi keluarga yang menjalani ibadah puasa. Selain fokus beribadah, pasangan yang sudah berumah tangga biasanya menjadi lebih sibuk mengatur menu untuk sahur dan berbuka, memasak, berbelanja makanan, hingga mempersiapkan kebutuhan seluruh anggota keluarga.

Ditambah, di tengah kondisi pandemi, banyak aktivitas keluarga berpusat di rumah, mulai bekerja, bersekolah, hingga beribadah.



Konsultan Pernikahan Indra Noveldy mengungkap pentingnya komunikasi dengan pasangan dalam berbagi peran dan tugas di rumah. Menurutnya, Setiap pasangan memiliki cara yang berbeda-beda dalam berbagi peran di rumah tangga. Semua membutuhkan negosiasi dan komunikasi yang sehat, sehingga kalaupun ada konflik dapat diselesaikan dengan baik.

“Setiap pasangan tentu punya keinginan untuk bisa membuat rumah tetap terasa nyaman agar ibadah Ramadhan dapat berjalan dengan lancar,” ujar Indra dalam seminar virtual “Berkonflik Sehat dengan Pasangan” kolaborasi GoPay bersama Parentalk, beberapa waktu lalu.

Indra berbagi tips mengatasi konflik dengan pasangan. Di antaranya dengan melakukan penyederhanaan tugas-tugas di rumah, karena resolusi konflik dengan pasangan membutuhkan waktu dan energi yang besar, maka itu sebaiknya dilakukan dalam keadaan tenang.



“Jangan sampai karena hal-hal yang bersifat teknis, seperti lupa bayar tagihan misalnya, malah memicu ledakan konflik di rumah. Dengan sudah otomatisnya urusan teknis ini, suami istri bisa lebih memfokuskan energi mereka untuk menyelesaikan masalah yang lebih mendasar dan membutuhkan perhatian lebih besar,” terang Indra.
(tsa)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1990 seconds (0.1#10.140)