HBBL 2021 Dukung Kemenparekraf Tingkatkan Pertumbuhan Pelaku Ekraf

Kamis, 15 April 2021 - 19:07 WIB
loading...
HBBL 2021 Dukung Kemenparekraf Tingkatkan Pertumbuhan Pelaku Ekraf
Menparekraf Sandiaga Uno memberikan dukungan penuh berbagai inisiatif yang dapat mendukung brand lokal untuk terus berkembang dan menguatkan. / Foto: ist
A A A
JAKARTA - Hari Belanja Brand Lokal (HBBL) 2021 akan kembali digelar pada 5 Mei mendatang. Inisiatif yang dicetuskan Hypefast bersama berbagai brand lokal Tanah Air ini turut didukung Kementerian Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM), Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) dan Ikatan Wanita Pengusaha Indonesia (IWAPI).

Baca juga: Saat Buka Puasa, Hindari 3 Kombinasi Makanan Ini!

HBBL merupakan sebuah kampanye bersama brand lokal dalam negeri yang bertujuan untuk mendorong kesadaran masyarakat Indonesia terhadap brand dan produk lokal Indonesia. Kampanye ini dibarengi berbagai penawaran menarik dan promosi dari brand lokal yang berpartisipasi, sehingga diharapkan memberikan dampak langsung dalam peningkatan penjualan.

Kegiatan HBBL 2021 resmi dibuka 15 April 2021, Menparekraf, Sandiaga Uno tidak ketinggalan membuka perhelatan ini. Dalam sambutannya, Sandiaga memberikan dukungan penuh berbagai inisiatif yang dapat mendukung brand lokal untuk terus berkembang dan menguatkan dengan terus mengedepankan strategi inovasi dan kolaborasi.

"Kampanye Hari Belanja Brand Lokal ini sudah mengukuhkan posisinya sebagai salah satu pionir dalam ekosistem ekonomi kreatif di Indonesia," lanjut Menparekraf Sandi dalam virtual press conference HBBL 2021, Kamis (15/4).

Kesuksesan HBBL tahun lalu yang diikuti 1.152 brand lokal menjadi motivasi untuk terus melanjutkannya di tahun ini. Berbagai brand lokal ternama yang ikut memeriahkan HBBL 2020 antara lain Brodo, Monomom, Ria Miranda, Torch, Wearstatuquo, Cotton Ink, Sparse, Motiviga, Soleram, Sabine and Heem, hingga Nona. Tahun ini, HBBL menargetkan total 2.000 brand lokal yang akan bergabung.

"Hypefast sebagai perusahaan yang fokus dalam memberikan investasi kepada brand lokal, melihat HBBL tahun lalu sebagai bukti bahwa potensi brand lokal begitu besar. Selama ini kami telah melakukan investasi ke-15 brand dan merencanakan untuk menambah hingga menjadi 50 brand di tahun 2021. Dengan investasi mulai Rp10-100 miliar di tiap brand. Ini adalah komitmen dan vote of confidence kami untuk brand lokal Tanah Air," papar Direktur Hypefast, Tinton Ardian.

Kegiatan ini juga merupakan bentuk dukungan Hypefast terhadap program Kemenparekraf dalam upaya membantu meningkatkan pertumbuhan para pelaku usaha di bidang ekonomi kreatif. Dengan kondisi perekonomian saat ini produk dari brand lokal harus lebih diutamakan karena dengan meningkatkan pendapatan brand lokal membantu meningkatkan perekonomian Indonesia.

"Para pelaku kreatif bisa menggunakan peluang ini untuk mempromosikan bisnisnya lebih luas lagi. Maksimalkan kesempatan ini untuk mempromosikan produk brand lokal pada masyarakat luas, produk brand lokal tidak kalah istimewanya dengan produk luar negeri," papar Menparekraf Sandi.

Pada kesempatan yang sama, Asisten Deputi Pengembangan Rantai Pasok Usaha Mikro Kementerian Koperasi dan UKM, Sutarmo mengutarakan bahwa melalui kegiatan HBBL ini, pihaknya melihat pertumbuhan yang signifikan untuk pelaku UMKM dan brand lokal. "Kami berharap pada tahun ini akan lebih banyak UMKM dan brand lokal yang turut aktif berpartisipasi dalam kegiatan ini," sambungnya.

Sementara itu, Founder brand Bonnels, Denny Santoso berharap ke depannya brand lokal bisa berjaya dan tidak terjajah oleh produk luar negeri. "Saya melihat saat ini banyak produk-produk brand lokal yang memiliki kualitas setara dengan brand luar negeri namun kurang terekspos di negaranya sendiri," ujarnya.

Baca juga: Ini 5 Koleksi Hermes Amanda Manopo yang Total Harganya Lebih dari Setengah Miliar!

HBBL 2021 sendiri sangat terbuka untuk brand lokal yang ingin bergabung. Caranya cukup registrasi di laman HBBL2021.com pada 15-23 April 2021. Selain itu, bisa juga mengunjungi Instagram HBBL 2021 @hbblindonesia untuk informasi lebih lanjut.
(nug)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1290 seconds (0.1#10.140)