Menjelajahi Kecantikan Desa Adat Terindah Di Indonesia

Kamis, 21 Mei 2020 - 07:13 WIB
loading...
Menjelajahi Kecantikan Desa Adat Terindah Di Indonesia
Desa Waerebo di NTT ini adalah desa cantik yang dijuluki desa di atas awan. Foto instagram/wisataindonesia/wikipedia
A A A
TEKNOLOGI dan tradisi sepertinya tidak bertentangan dalam dunia traveling. Banyak destinasi wisata yang berbasis kearifan lokal masyarakat lebih mudah dikenal karena hadirnya teknologi misalnya sosial media, terutama Instagram. Koneksi antara kemajuan arus informasi dan destinasi wisata yang masih terjaga bakal jadi sebuah paduan yang kuat.

Maka tak heran, banyak traveler datang ke berbagai pelosok desa bermodal gadget semata. Liburan ke desa pun kini jadi favorit wisatawan, dan mungkin juga sebagai bentuk kerinduan akan kampung halaman.

Nah, tahukah Anda Indonesia memiliki banyak desa dengan pemandangan yang menakjubkan. Desa-desa terindah yang terangkum sangat cocok untuk destinasi liburan Anda nanti.(Baca juga : Wisata Religi : Menelusuri Lima Museum Sejarah Islam Terbesar Di Dunia )

1. Desa Wae Rebo

Menjelajahi Kecantikan Desa Adat Terindah Di Indonesia


Lokasinya di dusun terpencil di ketinggian 1000 mdpl yang dikelilingi perbukitan yang asri. Orang menyebutnya kampung di atas awan. itulah Desa Wae Rebo, sebuah kampung tradisional di wilayah Kabupaten Manggarai. Keaslian kampung Wae Rebo adalah faktor utama yang menjadi daya tarik untuk dikunjungi. Bahkan UNESCO pun telah menetapkan Wae Rebo sebagai Warisan Budaya Dunia pada Agustus 2012 menyisihkan 42 negara lain.

Untuk mencapai Wae Rebo, Anda harus menempuh perjalanan sekitar 6 km dari Desa Dintor ke Desa Denge dengan menggunakan motor. Perjalanan dari Denge menuju Wae Rebo, kira-kira memakan waktu pendakian selama 3 jam dengan menyusuri daerah terpencil yang dikelilingi hutan lebat yang belum terjamah, menyebrangi sungai serta melintasi bibir jurang.

Meski lokasinya berada jauh dari keramaian dan sulit terjangkau, namun Kampung Wae Rebo sangat terkenal terutama oleh wisatawan asing yang senang dengan petualangan. Kampung ini desain arsitekturnya memiliki daya tarik paling tinggi. Salah satunya, adalah rumah adatnya yang berbentuk kerucut dan atap terbuat dari daun lontar.
Tak sulit untuk jatuh cinta pada kampung ini. Karena Wae Rebo memang luar biasa. Pengunjung dapat merasakan keunikan dan keaslian budaya, serta adat istiadatnya. Penduduk di kampung terpencil ini terkenal dengan keramahannya. Jika Anda datang, Anda akan disuguhi dengan kopi hangat khas Flores. Wisatawan pun bisa melihat ibu-ibu yang menenun kain khas Flores.

Keindahan Wae Rebo memang tiada tara. Hasil kerajinan tangan warga, hasil kopi, vanili dan kulit kayu manis pun laris sebagai barang cendera mata yang bisa dibawa pulang oleh wisatawan dengan harga yang ramah di kantong.

2. Desa Panglipuran
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0917 seconds (0.1#10.140)