Ini Amalan-Amalan yang Harus Dilakukan Di Bulan Ramadhan

loading...
Ini Amalan-Amalan yang Harus Dilakukan Di Bulan Ramadhan
Ini Amalan-Amalan yang Harus Dilakukan Di Bulan Ramadhan. Foto/MNC Media.
JAKARTA - Bulan Ramadan adalah bulan yang Istimewa, dimana bulan Ramadan ini adalah bulan yang lebih baik daripada seribu bulan, karena Allah SWT akan melipatgandakan seluruh amalan kebaikan di bulan Ramadan dari bulan-bulan biasanya. Di bulan yang suci ini, Allah SWT juga memberikan keberkahan yang luar biasa agar umatnya merasakan nikmatnya menjalani ibadah. Menurut ajaran Islam, puasa pada bulan Ramadan merupakan puasa yang wajib dilaksanakan selama satu bulan.

Nah, RCTI+ mempersembahkan program eksklusif Dai Muda Spesial Ramadhan yang membahas tema yang anak muda banget loh, yaitu gaspol amalan di bulan Ramadan. Menurut Agam Fachrul, tujuan puasa bagi sebagian kalangan anak muda hanya untuk menahan diri dari lapar dan dahaga, padahal ada satu yang lebih luar biasa, yaitu kabar puasa Ramadan itu sendiri yang merupakan kabar gembira dari Allah SWT, dimana dalam 12 bulan selama setahun, Allah hanya mencurahkan satu kasih sayangnya dan perhatiannya khusus pada satu bulan Ramadan ini. Allah SWT menjadikan layaknya bulan Ramadan seperti kasihnya Nabi Yakub AS kepada Nabi Yusuf AS.

Baca Juga : Kebiasaan Buruk Ini Tidak Boleh Dilakukan Selama Bulan Puasa

Para ulama ada yang menceritakan tentang kedudukan bulan Ramadan diantara bulan lainnya, yaitu bagaikan bulan purnama, karena sinarnya yang terang menerangi tetapi tidak memanaskan. Agam Fachrul juga mengatakan bahwa, “Jika kita berbicara tentang bulan Ramadan tetapi hanya berpaku pada puasa, menahan diri dari lapar dan dahaga, itu bawaannya ngeluh dan terbebani. Karena dalam satu bulan kita menahan diri dari lapar dan dahaga itu”. Oleh karena itu, kita harus melihat dari sudut yang lain yang sebenarnya banyak dilupakan.

Seperti yang dijelaskan dalam Al-Quran surah Al-Baqarah ayat 183, “Wahai orang-orang yang beriman! Diwajibkan atas kamu berpuasa sebagaimana diwajibkan atas orang sebelum kamu agar kamu bertakwa”. Pada ayat 183, Allah SWT mewajibkan seluruh umat manusia yang beriman untuk berpuasa, sebagaimana diwajibkan kepada umat-umat sebelum mereka agar menjadi orang yang bertakwa.



Penjelasan lebih lanjut tentang puasa juga dijelaskan dalam surah Al-Baqarah ayat 184, “(Yaitu) beberapa hari tertentu. Maka barang siapa di antara kamu sakit atau dalam perjalanan (lalu tidak berpuasa), maka (wajib mengganti) sebanyak hari (yang dia tidak berpuasa itu) pada hari-hari yang lain. Dan bagi orang yang berat menjalankannya, wajib membayar fidyah, yaitu memberi makan seorang miskin. Tetapi barang siapa dengan kerelaan hati mengerjakan kebajikan, maka itu lebih baik baginya, dan puasamu itu lebih baik bagimu jika kamu mengetahui.”

Baca Juga : Ternyata Gaya Renang Ini Bisa Bikin Kamu Jadi Langsing

Penasaran dengan amalan lainnya di bulan Ramadan yang disampaikan oleh Agam Fachrul secara lebih detail? Selengkapnya saksikan eksklusif hanya di RCTI+ atau langsung klik link dibawah ini: https://www.rctiplus.com/programs/1328/dai-muda-spesial-ramadhan/episode/23176/gaspol-amalan-di-bulan-ramadhan .Download aplikasi RCTI+ di Play Store dan App Store untuk bisa menikmati banyak konten seru lainnya atau melalui link https://www.rctiplus.com .
(dra)
preload video
TULIS KOMENTAR ANDA!
Top