Berpuasa Sambil Berolahraga Kenapa Nggak? Yuk Intip Tipsnya

Senin, 19 April 2021 - 12:57 WIB
loading...
Berpuasa Sambil Berolahraga Kenapa Nggak? Yuk Intip Tipsnya
Berpuasa Sambil Berolahraga Kenapa Nggak? Yuk Intip Tipsnya/ompet Dhuafa
A A A
Berpuasa Sambil Berolahraga Kenapa Nggak? Yuk Intip Tipsnya. Olahraga tetap dibutuhkan selama bulan puasa, pandemi juga tidak menjadi masalah justru olahraga itu penting untuk tetap menjaga stamina dan daya tahan tubuh kita.

Menurut dr. Zainab Aqila selaku Dokter RDK (Respon Darurat Kesehatan) LKC Dompet Dhuafa saat dihubungi melalui WhatsApp pada (Sabtu,17/04/2021), waktu yang terbaik yaitu sekitar 90 menit sebelum matahari terbenam atau azan maghrib. Karena dengan waktu yg mendekati buka puasa setelah olahraga tubuh dapat mengisi kembali nutrisi langsung pada saat berbuka. Jika tidak memiliki waktu sebelum berbuka, maka bisa olahraga minimal 1 jam setelah makan atau melakukan small intermittent exercise sepanjang hari.



Hentikan olahraga ketika merasa pusing atau mual. Yang pasti jangan berolahraga berat apalagi semacam HIIT di saat tengah hari di masa pandemi ini pergi ke gym juga tidak disarankan, apalagi jika orang yg sedang berpuasa pergi ke gym yang ramai. Ada baiknya olahraga yg dilakukan adalah exercise dengan intensitas rendah yang dapat dilakukan selama 30-45 min.

Contoh olahraga yang bisa dilakukan dengan aman adalah jalan santai, jogging, atau bersepeda jarak dekat disekitar perumahan, seperti ngabuburit tapi untuk menjaga kesehatan. Jangan sampai terlalu memaksakan diri untuk bersepeda atau lari jarak jauh apalagi berkerumun dengan orang banyak di tengah pandemi yg masih ada saat ini, jadi pentinb untuk tetap jaga jarak dengan orang lain ketika jogging ataupun jalan santai dan mematuhi prokes.

Banyak juga sekarang contoh low intensity cardio exercise di Youtube yang bisa dilakukan di rumah, yang pasti lebih aman tentunya. Menurut penelitian rekomendasi durasi olahraga saat berpuasa untuk orang sehat maksimum adalah 45 menit yg dilakukan minimal 3 kali setiap minggu dgn jeda 1 hari setiap sesi olahraga.

Baca Juga: Arya Saloka dan Putri Anne Curhat Diduga karena Unfollow Amanda Manopo

Yang harus diperhatikan adalah untuk orang dengan diabetes tipe 1 olahraga selama puasa tdk boleh dilakukan. Sedangkan untuk dm tipe 2 dapat berolahraga tapi dengan durasi yang lebih pendek dan lakukan 2 kali seminggu dengan jeda istirahat 2 hari diantara sesi olahraga. Tentunya konsultasi dengan dokter masing masing diperlukan untuk orang dengan komorbid seperti diabet, pjk dan hipertensi ya.

Tipsnya untuk tetap menjaga stamina saat berpuasa adalah memiliki jadwal tidur dan aktivitas yang tetap setiap harinya, mengonsumsi elektrolit yang cukup saat berbuka terutama setelah berolahraga, dan pastinya minum yang cukup selama setelah berbuka hingga sahur. Selama tetap menjaga prokes, olahraga selama pandemi tidak menjadi masalah.
(aww)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1540 seconds (0.1#10.140)