Waspadai 3 Bahaya Konsumsi Minuman Instan saat Buka Puasa

loading...
Waspadai 3 Bahaya Konsumsi Minuman Instan saat Buka Puasa
Foto Ilustrasi. Foto/Freepik
JAKARTA - Setelah seharian menahan dahaga, berbuka puasa dengan minuman yang manis tentu akan sangat menyegarkan jiwa. Meskipun terasa segar, namun masyarakat harus selektif dalam memilih minuman manis untuk berbuka puasa.

Biasanya masyarakat akan mencari minuman manis yang praktis untuk dikonsumsi, salah satunya adalah aneka minuman instan. Walau harga minuman instan cenderung lebih murah dan mudah didapatkan, namun konsumsi minuman instan untuk berbuka puasa tetap harus diperhatikan.

Baca Juga: Bisa Sebabkan Dehidrasi, Batasi Minum Kopi Saat Sahur

Merangkum dari laman Instagram Bidang Koordinasi Relawan @satgas.relawan, Senin (19/4), World Health Organization (WHO) mengimbau masyarakat untuk menghindari konsumsi minuman instan saat berbuka puasa . Berikut beberapa alasannya.

1. Umumnya kandungan pemanis di minuman instan berlebihan. Hal ini dapat memicu kegemukan, diabetes, dan gangguan metabolik.



2. Beberapa masyarakat yang mengonsumsi minuman instan juga dapat mengalami gejala alergi, intoleransi, atau malabsorpsi usai mengonsumsi beberapa jenis produk minuman instan.

3. Perasa dan pewarna buatan yang terdapat di minuman instan bersifat karsinogen (zat yang dapat menyebabkan penyakit kanker) bila dikonsumsi dalam jangka panjang.

Baca Juga: Cuaca Sedang Panas, Ini Tips agar Tak Dehidrasi saat Puasa

Dengan sejumlah risiko yang terdapat pada minuman instan, masyarakat diimbau untuk lebih hati-hati dan membatasi konsumsinya. Jangan lupa untuk minum cukup air putih agar tubuh tetap terhidrasi dan disiplin menjalankan protokol kesehatan 3M yakni mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir, mengenakan masker, dan menjaga jarak.
(tsa)
preload video
TULIS KOMENTAR ANDA!
Top